Selasa, 11 Mei 2021 08:15 WIB

Tengku Zulkarnain Meninggal, Diabetes Komorbid Tertinggi Korban COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Ustaz Tengku Zul ikut datang ke Polrestabes Medan. Dia mengaku diminta mendamaikan kasus yang melibatkan FUI Sumut tersebut (Datuk Haris/detikcom) Foto: Ustaz Tengku Zul ikut datang ke Polrestabes Medan. Dia mengaku diminta mendamaikan kasus yang melibatkan FUI Sumut tersebut (Datuk Haris/detikcom)
Jakarta -

Ustaz Tengku Zulkarnain meninggal dunia pada hari Senin (10/5/2021), setelah berjuang melawan infeksi COVID-19. Ia dijelaskan memiliki komorbid diabetes meltius atau dikenal juga dengan sebutan kencing manis.

"Iya ada DM (diabetes melitus). Ada penyakit bawaan lah. Sehingga kalau kena covid jadi lebih parah," kata Direktur HRD dan Corporate Communication Tabrani Group, Ian Machyar, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Prof Dr dr Ketut Suastika, SpPD-KEMD, mengatakan diabetes memang salah satu komorbid yang memperberat pasien COVID-19. Risiko kematian pada pasien COVID-19 dengan diabetes bisa sampai 4-6 kali lipat lebih tinggi dibandingkan pasien tanpa komorbid.

Hal ini juga terbukti dari data yang dihimpun oleh Satgas Penanganan COVID-19. Dari data 3.996 pasien COVID-19 di Indonesia, pengidap diabetes menjadi korban meninggal terbanyak di antara penyandang komorbid lain.

Dikutip dari covid19.go.id, pasien meninggal dengan komorbid diabetes berada di tingkat pertama yaitu sebanyak 9,9 persen, disusul hipertensi 9,5 persen, penyakit jantung 5,6 persen, penyakit ginjal 2,5 persen, dan penyakit paru obstruktif kronis 1,5 persen.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)