Senin, 17 Mei 2021 07:29 WIB

Round up

Pemicu Warga India Buang Jenazah Corona di Sungai Gangga

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus kematian akibat COVID-19 di India kembali memecahkan rekor sebelumnya. Saat ini, angka kematian di India telah mencapai 250 ribu orang. Foto: AP/Aijaz Rahi
Jakarta -

Potret temuan mayat di tepi Sungai Gangga, India, menghebohkan warga setempat. Fakta ini mengejutkan sekaligus mengkhawatirkan jika menjadi tren baru.

Pemerintah India juga telah memastikan mayat yang dibuang di Sungai Gangga merupakan korban COVID-19. Seorang pejabat mengatakan motif di balik warga India buang jenazah salah satunya adalah masalah ekonomi.

"Pemerintah memiliki informasi bahwa jenazah mereka yang meninggal karena COVID-19 atau penyakit lainnya dibuang ke sungai alih-alih dibuang sesuai ritual yang tepat," kata Manoj Kumar Singh, pejabat senior di India.

Singh, dalam memo kepada para bupati menyebut kurangnya dana untuk membeli bahan-bahan seperti kayu bakar untuk kremasi, kepercayaan agama di beberapa komunitas adalah di antara kemungkinan alasan lonjakan pembuangan jenazah di Sungai Gangga.

Di samping itu, fenomena ini disebut terkait dengan kepercayaan masyarakat mengenai kesucian Sungai Gangga yang membuat mereka akhirnya membuang mayat di sana.

India dilanda kematian kasus infeksi COVID-19 secara harian lebih dari 4.000 kasus, menjadi total 270.000 jumlah kematian di Negeri Bollywood tersebut.



Simak Video "Konjen RI di India Ungkap Fakta Penemuan Jenazah di Sungai Gangga"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)