Senin, 17 Mei 2021 10:10 WIB

Viral Tes Kesehatan Paru, Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Tahan Napas

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Cropped shot of a young businesswoman blowing her nose with a tissue in the office Foto: iStock
Jakarta -

Di media sosial viral video mengecek kesehatan paru dengan menahan napas dalam jangka waktu tertentu. Dalam video yang diunggah di laman Twitter itu memperlihatkan jika bisa menahan napas hingga titik ke-10 berarti seseorang punya 'paru-paru super'.

Video tersebut telah ditonton oleh 8,9 juta orang dan mendapat lebih dari 700 komentar. Beberapa mengaku bisa menahan napas sampai titik ke-7 tapi tak lama setelahnya pandangan menjadi buram.

"Berhasil sampai 9, abis itu badan lemes," tulis salah satu pengguna Twitter.

Kebanyakan orang dapat menahan napas antara 30 detik hingga 2 menit. Dikutip dari Healthline, ini yang terjadi pada tubuh saat menahan napas.

30 detik awal:

Anda mungkin masih merasa rileks saat menutup mata dan bisa melakukannya dengan baik.

0:30 sampai 2:00:
Anda akan merasa sakit yang tidak nyaman di paru-paru. Kesalahpahaman paling umum tentang menahan napas adalah kehabisan udara, padahal yang terjadi adalah karbondioksida (CO₂) menumpuk di dalam darah karena tidak menghembuskan napas.

2:00 sampai 3:00
Perut Anda mulai mengejang dan berkontraksi dengan cepat. Ini karena diafragma mencoba memaksa untuk menarik napas.

3:00 sampai 5:00
Anda akan mulai merasa pusing. Saat CO₂ berkembang ke tingkat yang lebih tinggi, itu membuat oksigen mengalir ke dalam darah dan mengurangi jumlah oksigen yang mengalir ke otak.

5:00 sampai 6:00
Tubuh akan mulai bergetar saat otot Anda mulai berkontraksi secara tidak terkendali. Inilah saat menahan napas bisa menjadi berbahaya.

Lebih dari 6 menit
Anda akan pingsan. Otak akan sangat membutuhkan oksigen yang membuat tubuh tidak sadarkan diri sehingga mekanisme pernapasan otomatis Anda akan bekerja kembali.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)