Senin, 17 Mei 2021 12:10 WIB

Viral Tes Kesehatan Paru dengan Tahan Napas, Ini Penjelasan Dokter

Ayunda Septiani - detikHealth
Agar Paru-Paru Lebih Sehat, Konsumsilah 5 Makanan Kaya Omega 3 Ini Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/cegli)
Jakarta -

Viral di media sosial sebuah video mengecek kesehatan paru dengan cara menahan napas dalam waktu tertentu.

Dalam video yang beredar di Twitter itu memperlihatkan jika seseorang bisa menahan napas hingga ke angka ke 10 berarti seseorang memiliki paru-paru yang sehat.

Video viral tersebut telah ditonton oleh 8,9 juta pengguna twitter dan mendapat 700 komentar. Beberapa pengguna Twitter mengatakan bahwa dirinya menahan napas sampai ke angka 7, namun tidak lama setelah itu penglihatannya menjadi sedikit buram.

Tes kondisi paru-paru sehat bisakah dengan tahan napas?

Spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Prof dr Faisal Yunus, PhD, SpP(K) menyebutkan, melakukan tahan napas bisa-bisa saja dilakukan untuk mengetahui apakah paru-paru sehat atau tidak.

"Itu bisa-bisa saja sih, karena kan gunanya paru untuk mengambil oksigen, jadi kalau parunya bagus berarti oksigennya masuknya banyak," jelas Prof Faisal, saat dihubungi detikcom Senin (17/5/2021).

"Kalau parunya ada gangguan, berarti volume parunya berkurang, kalau volumenya berkurang oksigen yang masuk juga berkurang," tambahnya.

Prof Faisal menambahkan, jika seseorang memiliki gangguan pada parunya, oksigen yang masuk akan sedikit, jadi seseorang tersebut tidak bisa menahan napasnya dengan lama.

"Tapi kan akurasinya itu individual, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya sebenarnya," pungkasnya.



Simak Video "Tips Jaga Kesehatan Paru di New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)