Selasa, 18 Mei 2021 18:50 WIB

Plus-Minus 5 Alat Kontrasepsi Buat Pasutri yang Mau Atur Kehamilan

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Alat kontrasepsi Foto: iStock
Jakarta -

Alat kontrasepsi untuk mencegah terjadinya kehamilan terdiri dari berbagai jenis. Tidak heran jika banyak orang yang merasa kebingungan untuk memilihnya.

Meski begitu, banyaknya pilihan tersebut dapat menjadi alternatif bagi penggunanya. Hal itu karena tiap alat kontrasepsi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pemilihan alat kontrasepsi yang tepat dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Agar mendapatkan alat kontrasepsi yang tepat untuk Anda atau pasangan memang membutuhkan banyak pertimbangan. Alat kontrasepsi yang dipilih biasanya yang tidak menimbulkan efek samping atau minim efek samping ketika digunakan.

Dikutip dari Health, pertimbangan pemilihan alat kontrasepsi bagi perempuan adalah yang tidak berpengaruh pada siklus haid. Meski pertimbangan utamanya kembali lagi kepada efektivitas alat itu dalam pencegahan kehamilan.

"Metode yang paling efektif dari alat kontrasepsi ialah metode yang tidak memerlukan banyak pengguna," jelas Justine Wu, MD, MPH, asisten profesor di University of Michigan dan Ketua Dewan Association di Reproductive Health Professionals.

Wu juga mengatakan apa pun yang bekerja sendiri akan lebih efektif karena tidak ada kesalahan manusia. Tidak perlu aktivitas pengguna, pemantauan atau kepatuhan.

Alat tersebut adalah implan yang berukuran sebesar batang korek api, yang dipasang di bawah kulit di bagian lengan oleh dokter. Tidak seperti pil dan suntikan yang membuat pengguanya harus rutin ke dokter. Jika tidak atau terlewat, aka nada risiko kehamilan.

Pada implant, progestin yang ada akan mengentalkan lendir serviks dan membuatnya lebih sulit bagi sperma untuk mencapai sel telur. Jika ada yang dilepaskan, progestin juga dapat menghentikan telur meninggalkan ovarium.

Meski begitu, banyak yang merasa tidak nyaman dan tidak menyukainya karena imlan ditempatkan di bawah kulit. Bagi yang tidak memilih alat kontrasepsi tersebut, berikut ini rekomendasi yang dikutip dari Queensland Health berserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Kondom

Selain menjadi alat untuk menunda kehamilan. Kondom juga merupakan satu-satunya alat yang dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi menular seksual (IMS).

Meski begitu, kondom rentan robek atau lepas saat berhubungan seks jika tidak dipasang dengan benar. Beberapa orang juga memiliki alergi terhadap kondom dengan bahan latex.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Hmm.. Pil KB Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)