Rabu, 19 Mei 2021 07:11 WIB

Vaksinasi Tahap 3 di DKI, Prioritas di RW dengan Transmisi Lokal Varian Baru

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksinasi COVID-19 mulai dilakukan kepada kelompok lansia di DKI Jakarta. Salah satu lokasi pemberian vaksin berada di Puskesmas Pondok Pinang, Jaksel. Vaksinasi tahap ketiga dimulai di DKI. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Vaksinasi tahap ketiga yang menyasar kelompok rentan di zona merah telah dimulai di DKI Jakarta. Vaksinasi ini telah dilakukan sejak 5 Mei lalu dan sekitar 142 ribu warga DKI telah menerima vaksin Corona.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama menyebut vaksinasi tahap ketiga di DKI ini menyasar masyarakat rentan di kawasan kumuh.

Selain warga RW kumuh, pihaknya juga menargetkan penyuntikan untuk tempat yang menjadi transmisi lokal mutasi virus. Di Jakarta, sudah ada satu kasus terinfeksi virus varian B1617.

"Vaksinasi dilakukan juga kepada RW yang terdapat transmisi lokal terhadap mutasi virus varian baru seperti B1617," ujarnya dalam dialog yang disiarkan oleh Forum Merdeka Barat 9, Selasa (18/5/2021).

Pemberian vaksin pada warga dalam kategori tersebut dilakukan demi mencegah terjadinya lonjakan kasus seperti yang terjadi di India.

"Kita memprioritaskan saudara-saudara kita tersebut untuk diberikan vaksinasi terlebih dahulu sebagai antisipasi terjadinya outbreak. Tentunya vaksinasi itu ikhtiar bersama yang harus dicapai untuk melakukan pengendalian wabah di mana target herd immunity itu minimal 60 sampai 90 persen," pungkasnya.



Simak Video "Mutasi COVID-19 Melonjak, Inggris Tambahkan India ke Daftar Merah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)