203 TKI Tiba di Kepri-Sumut Positif Corona, Waspadai COVID-19 Varian Baru!

ADVERTISEMENT

203 TKI Tiba di Kepri-Sumut Positif Corona, Waspadai COVID-19 Varian Baru!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 19 Mei 2021 17:00 WIB
Kasus positif COVID-19 di Indonesia terus bertambah dan diprediksi tembus 1 juta kasus di tengah penerapan PPKM dan dicanangkannya vaksinasi virus Corona.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mewanti-wanti kemungkinan penambahan kasus varian baru Corona di Indonesia. Baru-baru ini, ditemukan 170 pekerja migran Indonesia positif COVID-19 di Kepulauan Riau (Kepri).

"Untuk Kepri ini perlu dilakukan tindak lanjut karena PMI yang datang kebanyakan memang dari Malaysia dan di sana (Malaysia) banyak ditemukan varian baru. Jadi saya minta kita harus lakukan genome sequencing supaya kita tahu apakah yang di Kepri itu varian baru atau bukan," tutur Menko PMK, dalam rilis yang diterima detikcom Rabu (19/5/2021).

Kasus positif Corona pekerja migran Indonesia juga ditemukan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kapolda setempat mencatat 33 kasus PMI terdeteksi positif Corona, meski mereka sudah membawa surat bebas COVID-19 dari negeri Jiran.

"Inilah pentingnya dilakukan genome sequencing. Mereka yang dari luar negeri harus kita antisipasi karena fokus kita ke pencegahan varian baru dari Afrika, Inggris, ataupun India," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan akan mencukupi kebutuhan alat rapid test antigen dan swab di Pulau Sumatera, khususnya Sumut dan Jambi. Menindaklanjuti temuan kasus PMI positif Corona, seluruhnya akan segera diambil sampel untuk kemudian dianalisis genome sequencing-nya.

"Orang-orang yang masuk dari Malaysia, yang positif, langsung dilakukan genome sequencing saja. Saya sudah intruksikan itu ke Litbangkes bahwa semua yang positif itu supaya terus kita pantau," tegasnya.



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT