Kamis, 20 Mei 2021 06:50 WIB

5 Obat Mencret Alami, Lebih Manjur dan Bebas Efek Samping

Ardela Nabila - detikHealth
Man suffers from diarrhea is sitting on toilet bowl and toilet paper roll near his legs - diarrhea concept Obat mencret alami (Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz)
Jakarta -

Diare atau mencret sering kali mengganggu aktivitas dan membuat perut menjadi terasa tidak nyaman. Meski demikian, banyak cara sederhana dan obat mencret alami yang bisa dicoba serta dibuat di rumah untuk mengatasi kondisi ini.

Kondisi sering buang air besar ini disebabkan oleh masalah pencernaan yang menyebabkan tinja menjadi encer. Meski diare atau mencret ini bisa hilang dengan sendirinya, terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejalanya.

Pasalnya, diare memang bisa menghambat produktivitas sehari-hari. Jadi tidak ada salahnya mempercepat penyembuhannya dengan sejumlah cara sederhana, tetapi efektif.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut 5 cara atau obat mencret alami untuk menangani diare.

1. Banyak minum air putih

Menghidrasi tubuh dengan meminum air putih merupakan hal esensial untuk mengatasi diare. Pasalnya, diare menyebabkan kurangnya cairan dalam tubuh, termasuk air. Oleh karenanya, tubuh berpotensi kehilangan elektrolit, seperti natrium dan klorida.

Apabila mengalami diare, kamu juga bisa mencampurkan satu liter air dengan setengah sendok teh garam dan 6 sendok teh gula. Resep ini bisa membantu penyerapan cairan di dalam tubuh agar lebih efektif. Dengan demikian, tubuh lebih cepat kembali terhidrasi.

Di sisi lain, hindari konsumsi minuman yang bisa menyebabkan gejala diare semakin parah, seperti minuman berkafein, alkohol, dan minuman panas.

2. Mengurangi porsi makan

Saat mengalami diare, mengurangi porsi makan juga bisa menjadi salah satu obat mencret alami yang bisa dilakukan di rumah. Sejumlah jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan, kentang, ubi, sup, sayur matang, dan makanan mengandung protein.

Pilihan lain yang bisa dicoba saat sedang diare adalah diet BRAT, yakni dengan mengonsumsi banana atau pisang, rice atau nasi, apple sauce atau saus apel, dan toast atau roti panggang. Sebab, diet ini merupakan kombinasi makanan rendah serat dan tinggi pati yang bisa membantu memperlancar pencernaan. Namun, perlu diingat bahwa diet ini hanya boleh dilakukan tidak lebih dari dua hari.

3. Menghindari sejumlah jenis makanan

Sejumlah jenis makanan bisa menyebabkan iritasi dan tekanan pada saluran pencernaan, seperti makanan tinggi lemak, makanan berminyak, makanan pedas, makanan dengan pemanis buatan, dan makanan tinggi fruktosa. Beberapa dokter juga akan menyarankan untuk menghindari produk susu lantaran bisa menyebabkan diare menjadi semakin parah pada sejumlah orang.

Probiotik juga bisa jadi obat mencret alami. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pertahankan! Kebiasaan Cuci Tangan Bantu Turunkan Angka Kematian Diare"
[Gambas:Video 20detik]