Kamis, 20 Mei 2021 15:17 WIB

Banyak Studi Kombinasikan 2 Jenis Vaksin COVID-19, RI Mau Coba?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 di Indonesia terus dilakukan meski di bulan puasa. Diketahui, 11 juta warga Indonesia telah menerima dosis pertama vaksin Corona. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Banyak studi, salah satunya di Spanyol, yang menunjukkan kombinasi antara vaksin COVID-19 AstraZeneca dan Pfizer sangat aman dan efektif. Dalam penelitian tersebut, para relawan mendapat suntikan vaksin Pfizer untuk dosis pertama, kemudian vaksin AstraZeneca untuk dosis kedua.

Peneliti menemukan bahwa jumlah antibodi meningkat 7 kali lipat setelah mendapat vaksin dosis pertama dari Pfizer. Kemudian, jumlahnya meningkat signifikan setelah diberi suntikan kedua dengan AstraZeneca.

Indonesia menjadi salah satu negara yang menggunakan kedua jenis vaksin tersebut, apakah akan mengkombinasikannya juga?

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan Indonesia masih belum memiliki rencana untuk mencampurkan kedua vaksin tersebut.

"Terkait jenis vaksin kedua sudah ada beberapa studi di dunia menyatakan mencampurkan dua jenis vaksin bisa dilakukan. Namun, untuk Indonesia sampai saat ini belum ada agenda tersebut," kata Prof



Simak Video "AstraZeneca Mulai Ambil Keuntungan dari Vaksin Covid-19 di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)