Minggu, 23 Mei 2021 20:30 WIB

Hore! 2 Dosis Vaksin Corona 88 Persen Efektif Lawan Corona India B1617

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Coronavirus Outbreak and Public Health Risk Disease, Lockdown and Quarantine, State Of Emergency Concepts Ilustrasi varian Corona India. (Foto: Getty Images/iStockphoto/goc)
Jakarta -

Pejabat kesehatan Inggris mengatakan pemberian dua dosis vaksin COVID-19 terbukti efektif melawan varian Corona Inggris B117 maupun India yaitu B1617. Adanya data itu semakin membuat pemerintah setempat berharap bisa mencabut kebijakan lockdown di negara tersebut bulan depan.

Data itu muncul setelah sebuah studi yang dilakukan oleh Public Health England (PHE). Mereka menemukan vaksin Pfizer-BioNTech 88 persen efektif melawan gejala varian Corona B1617, dua minggu setelah dosis kedua vaksin diberikan. Sementara pada varian B117 sebesar 93 persen.

Selain Pfizer, PHE juga mengatakan dua dosis vaksin AstraZeneca terbukti 60 persen efektif melawan gejala akibat varian Corona India B1617. Sementara pada varian Corona Inggris mencapai 66 persen.

"Saya semakin yakin bahwa kami berada di jalur yang tepat, karena data ini menunjukkan bahwa pemberian dua dosis vaksin bekerja sama efektifnya (melawan varian India)," kata Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock yang dikutip dari Channel News Asia, Minggu (23/5/2021).

Sejauh ini, Inggris menjadi negara dengan program vaksinasi tercepat di Eropa. Namun, berdasarkan data terbaru menyebutkan bahwa kasus COVID-19 di negara tersebut naik 10,5 persen dalam waktu 7 hari.

PHE mengatakan, tiga minggu setelah pemberian dosis pertama dan kedua vaksin COVID-19 33 persen efektif melawan gejala dari varian Corona B1617. Tetapi, angka tersebut masih lebih rendah dari keampuhannya melawan B117 yang mencapai 50 persen.



Simak Video "Epidemiolog Jelaskan soal Heboh Turunnya Efikasi Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)