Senin, 24 Mei 2021 10:40 WIB

Keterisian RS COVID-19 Naik di Hampir Seluruh Provinsi, Ini Detailnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Genap setahun Corona mewabah di Indonesia. Corona terjadi di semua negara di dunia. Berikut negara-negara yang pernah melakukan lockdown dalam menghadapi pandemi ini. Tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit di hampir seluruh provinsi Indonesia mulai naik. (Foto ilustrasi: detikcom files)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI melaporkan dalam beberapa hari terakhir tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di berbagai rumah sakit COVID-19 di hampir seluruh provinsi di Indonesia mengalami kenaikan.

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kemenkes Azhar Jaya, saat ini sudah ada empat provinsi yang tingkat keterisian tempat tidurnya sudah mencapai di atas 50 persen. Empat provinsi tersebut berasal dari Pulau Sumatera.

"Hampir seluruh provinsi di Sumatera itu mengalami kenaikan, dan kita memberikan perhatian khusus kepada Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau, karena gejala-gejalanya ini terjadi peningkatan sebelum masa libur panjang kemarin," kata Azhar dalam rapat koordinasi Satgas COVID-19, Minggu (23/5/2021).

Kemudian, kata Azhar, hampir seluruh provinsi di Pulau Jawa juga mengalami kenaikan tingkat keterisian tempat tidur. Tren ini terjadi selama tiga hari terakhir.

"2-3 hari ini semuanya menunjukkan ke arah kenaikan. Jadi kita berharap kenaikan ini tidak terjadi seperti India, tetapi kita mulai waspada tiga hari ini semuanya mulai menunjukkan tren kenaikan untuk seluruh provinsi di Pulau Jawa," jelasnya.

Selanjutnya beberapa provinsi di Pulau Kalimantan juga menunjukkan kenaikan di tingkat keterisian tempat tidurnya, terutama di Kalimantan Barat. Menurut Azhar, ini karena tingginya mobilisasi pekerja migran Indonesia di provinsi tersebut.

Meski begitu, Azhar meyakinkan bahwa sejumlah provinsi lain, seperti Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat masih relatif terkendali.

"Kemudian untuk provinsi lain, NTT, NTB, Bali, relatif terkendali, trennya adalah menurun. Demikian juga di Sulawesi, ini rata-rata trennya menurun kecuali Sulawesi Utara," ujarnya.

Lantas provinsi mana saja yang perlu mendapat perhatian lebih untuk ketersediaan tempat tidur pasien Corona di rumah sakit? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Untuk Rawat Pasien Corona, RS Harus Penuhi Dulu Standar IPC"
[Gambas:Video 20detik]