ADVERTISEMENT

Senin, 24 Mei 2021 21:00 WIB

Round up

Kemenkes Tanggapi Video Viral Pria Disuntik Jarum 'Kosong' saat Vaksin

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
viral Foto: tangkapan layar viral
Jakarta -

Video pria tengah disuntik jarum 'kosong' mendadak viral jadi perbincangan di media sosial. Banyak yang mengaitkan kejadian tersebut dengan vaksinasi Corona.

Dalam video berdurasi 25 detik, tampak seorang vaksinator membawa vial vaksin dan jarum suntik. Namun, saat menyuntikkan jarum ke pria tersebut, hanya tampak jarum yang ditusukkan sedangkan isinya tidak diinjeksikan.

Tidak diketahui persis di mana peristiwa itu terjadi. Dialog dalam video tersebut juga tidak terdengar jelas, namun banyak yang meyakini video tersebut bukan di Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI menegaskan kejadian ini tak mungkin terjadi di Indonesia. Menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi, penyuntikan vaksin Corona selama ini memakai jarum auto destract syringe.

Apa artinya?

"Karena suntikan yang kita gunakan itu namanya ADS (auto destract syringe) yang artinya suntikan sekali pakai dan setelah itu akan rusak dengan sendiri, jadi hanya betul betul sekali pakai," sambung dr Nadia.

Lebih lanjut, kata Nadia, protokol penyuntikan vaksin Corona di Indonesia mengharuskan vaksinator untuk memperlihatkan produk vaksin Corona terlebih dulu, sebelum akhirnya disuntikkan.

"Ada (protap untuk menunjukkan vaksin Corona lebih dulu sebelum disuntik)," kata dr Nadia.

Video tersebut terlanjur viral dan dibagikan beberapa akun di media sosial. Salah satunya akun @lambee_turahh_official, banyak netizen memberikan beragam tanggapan termasuk mempertanyakan dari mana video tersebut berasal.

"Cuman di tusuk jarum saja, cairannya di apainn ya???" timpal salah satu netizen.

Ada juga di antara mereka yang khawatir kejadian tersebut terjadi di Indonesia, hingga menyebabkan beberapa kasus positif Corona usai vaksinasi.



Simak Video "Kata Satgas soal Vaksin Covid-19 Umat Islam Akan Diganti yang Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT