Selasa, 25 Mei 2021 10:32 WIB

Kabar Baik, Vaksin Sputnik V Efektif Lawan Varian Corona 'Ganas' Asal Brasil

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19 Vaksin Sputnik V disebut ampuh dalam melawan varian baru Corona asal Brasil. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/kiattisakch)
Jakarta -

Vaksin Sputnik V yang dikembangkan Rusia disebut sangat efektif dalam melawan dan menetralkan varian virus Corona 'ganas' asal Brasil, P1, menurut hasil studi dari peneliti di Argentina.

Studi yang dilakukan oleh Dr Vanella Institute of Virology dari National University of Córdoba (UNC), Argentina, menemukan respons imun yang kuat terhadap varian pada mereka yang divaksinasi dengan Sputnik V.

"Studi tersebut menegaskan bahwa kekebalan yang dikembangkan pada orang yang divaksinasi dengan 'Sputnik V' menetralkan strain Brasil setelah menerima dua dosis, dan bahkan setelah yang pertama," kata Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (25/5/2021).

Varian virus Corona P1 Brasil, menjadi alasan di balik lonjakan COVID-19 yang mematikan di Brasil dan telah menyebar ke seluruh Amerika Latin. Para ilmuwan di Brasil telah menemukan bahwa varian ini dapat membuatnya lebih resisten terhadap antibodi, meningkatkan kekhawatiran internasional atas potensinya untuk membuat vaksin menjadi kurang efektif.

Menurut penelitian tersebut, sekitar 85,5 persen individu memiliki antibodi terhadap varian COVID-19 pada hari ke-14 setelah dosis pertama vaksin. Tingkat itu naik menjadi hampir 100 persen pada hari ke-42, setelah menerima dosis kedua vaksin Sputnik V.

Rogelio Pizzi, dekan Fakultas Ilmu Kedokteran UNC, mengatakan kepada Reuters bahwa studi institut tersebut menunjukkan bahwa vaksin Rusia berhasil menghambat varian tersebut menyebar.

"Hasilnya luar biasa. Vaksin ini bekerja untuk jenis ini," kata Pizzi kepada Reuters.



Simak Video "Serba-serbi Sputnik-V yang Sudah Dapat EUA BPOM"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)