Selasa, 25 Mei 2021 14:01 WIB

Bye-bye COVID-19! Negara Ini Klaim Sudah Capai Herd Immunity

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Foto: iStock
Jakarta -

Saat beberapa negara kembali mencatatkan lonjakan jumlah kasus Corona di tengah vaksinasi COVID-19, Malta menjadi negara Uni Eropa pertama yang disebut mencapai herd immunity. Negara tersebut sudah memvaksinasi 70 persen populasi orang dewasa dengan satu dosis vaksin Corona.

"Malta telah memvaksinasi 70 persen populasi orang dewasa dengan setidaknya satu suntikan COVID-19, menjadi negara Uni Eropa pertama yang mencapai apa yang disebut herd immunity," jelas Menteri Kesehatan Chris Fearne dikutip dari Reuters, Selasa (25/5/2021).

Pulau kecil Mediterania ini melaporkan rata-rata tiga kasus baru Corona per harinya dalam sepekan terakhir. Sementara angka positivity rate tercatat sangat rendah, yaitu 0,2 persen.

"Vaksin diberikan satu kali setiap lima detik," kata Fearne dalam konferensi pers.

"Empat puluh dua persen populasi orang dewasa telah menerima dua dosis vaksin Corona," lanjutnya.

Vaksinasi Corona di negara tersebut kini terbuka untuk anak usia di atas 16 tahun. Ada pula rencana memperluas rentang vaksinasi pada anak, dimulai dari 12 tahun ke atas, setelah otoritas medis Eropa mengizinkan.

Kabar baiknya, aturan wajib masker di luar ruangan juga akan segera dicabut 1 Juli, berlaku lebih dulu bagi mereka yang sudah divaksinasi, terlebih saat transmisi kasus Corona di sana juga sangat rendah. Senin kemarin, pembatasan aktivitas di gym dan kolam renang juga sudah dilonggarkan, jam buka restoran kini diperpanjang hingga tengah malam setelah sebelumnya hanya boleh dibuka sampai pukul 5 sore.



Simak Video "Herd Immunity akan Sulit Dicapai Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)