Selasa, 25 Mei 2021 21:43 WIB

Tidur Tanpa Bra Vs Pakai Bra, Lebih Sehat Mana untuk Payudara?

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Woman in underwear store indoors horizontal shot. Tidur pakai bra, amankah untuk payudara? ( Foto: Dok. iStock)
Jakarta -

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman jika tidur mengenakan bra dengan berbagai alasan, salah satunya membatasi membatasi pernapasan dan pergerakan payudara. Tetapi, bagi sebagian orang lainnya, mungkin merasa nyaman menggunakan bra seharian.

Terlebih terdapat anggapan yang menyebar di masyarakat jika tidak mengenakan bra dapat membuat payudara menjadi cepat kendur. Meski hal ini tidak benar sepenuhnya bahwa bra dapat membuat kendur, tetapi menggunakan bra memang dapat membantu payudara menjadi terlihat lebih kencang.

Saat seseorang tidak menggunakan bra, jaringan halus dan sensitif payudara tidak tertopang. Bra membuat payudara tetap di tempatnya saat gravitasi seiring waktu menekan payudara untuk terus ke bawah.

Tetapi, melepaskan bra atau tidak melepaskan bra saat tidur sebenarnya merupakan keputusan masing-masing, keduanya juga baik untuk payudara. Tetapi, jika hendak tidur dengan bra, pastikan bahwa bra tersebut aman dan nyaman untuk digunakan.

Dikutip dari Shape, tidur menggunakan bra adalah hal yang aman dilakukan dan tidak menimbulkan efek buruk jangka pendek maupun panjang pada payudara selama bra yang digunakan sesuai.

"Selama Anda mengenakan bra yang nyaman dan pas saat Anda tidur, tidak ada efek kesehatan jangka pendek atau panjang yang negatif atau positif," kata Sherry A. Ross, M.D yang merupakan host serial web Ellen Degeneres "Lady Parts" dan penulis She-ology.

Ross juga mengatakan bahwa tidur dengan tidak menggunakan bra juga dapat dilakukan, hal itu tidak akan membuat payudara menjadi kendur.

"Dengan demikian, tidak perlu memakai bra saat Anda tidur karena gaya gravitasi tidak terlalu menjadi masalah," ungkap Ross.

Meski menggunakan bra atau tidak menggunakannya saat tidur merupakan hal yang sama baiknya, tetapi beberapa waktu dianggap lebih baik untuk payudara saat menggunakan bra saat tidur. Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan bra saat tidur, dikutip dari Shape.

1. Tepat sebelum menstruasi

Sebelum menstruasi kadar estrogen dan progesterone meningkat. Hal tersebut dapat menyebabkan nyeri pada jaringan payudara. Menggunakan bra saat tidur dapat meringankan rasa nyeri tersebut.

2. Transisi menuju menopause

Saat tubuh bertransisi menuju masa menopause, kadar estrogen mengalami naik dan turun atau fluktuasi, hal tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di bagian payudara. Menggunakan bra saat tidur dapat mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

3. Hamil dan menyusui

"Selama kehamilan, perubahan kadar estrogen dan progesteron menyebabkan ukuran payudara menjadi dua atau tiga kali lipat, disertai dengan nyeri dan nyeri payudara yang signifikan," kata Ross.

Sedangkan saat menyusui, tubuh akan memicu peningkatan hormon prolaktin. Hal tersebut membuat payudara membengkak dan menjadi sensitif. Bra dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dari hal-hal di atas.

4. Pasca operasi payudara

"Anda mungkin ingin memakai bra saat Anda tidur jika Anda baru saja menjalani operasi payudara karena dapat mengurangi rasa sakit pasca operasi," kata Ross.



Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)