Rabu, 26 Mei 2021 09:00 WIB

Varian Corona 'Ganas' Sudah Masuk RI, Pakai Masker Dobel Disarankan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
strap masker Disarankan pakai masker dobel untuk tangkal varian baru Corona. (Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta -

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes mengungkap sudah ada 54 kasus varian baru Corona yang tergolong 'variant of concern' atau VoC di Indonesia.

Variant of concern yang dimaksud adalah B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan, dan B1617 dari India.

Variant of concern adalah varian yang memiliki mutasi yang bisa mempengaruhi kemampuan penularan, kepekaan alat tes, tingkat keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindar dari sistem kekebalan tubuh.

Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa varian virus Corona baru telah muncul di seluruh dunia. Beberapa dari varian ini dapat menyebar dengan lebih mudah antarindividu.

Munculnya lebih banyak varian yang lebih mudah menular berarti kita harus melakukan tindakan pencegahan yang baik, bahkan lebih penting dari sebelumnya. Para ahli sepakat bahwa memakai masker dobel lebih baik dalam mencegah paparan virus Corona.

Pakai masker dobel lebih disarankan

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merekomendasikan penggunaan masker dobel karena dianggap mampu menurunkan risiko penularan COVID-19 hingga 90 persen.

Dikutip dari laman resmi CDC, penggunaan masker rangkap dapat meningkatkan filtrasi atau penyaringan udara yang dihirup dan diembuskan. Hal ini dipercaya efektif karena masker rangkap menggandakan lapisan material yang harus dilalui oleh tetesan.

Namun ada aturan yang harus diperhatikan saat memakai masker dobel, yakni tidak boleh menggunakan dua masker medis secara bersamaan.

Jika ingin menggunakan masker rangkap, gunakan masker medis dengan masker berbahan kain. Selain itu, saat memilih masker kain, pilih salah satu yang memiliki setidaknya dua atau tiga lapis kain.



Simak Video "Menkes Inggris Sebut Varian Corona 'Delta' Lebih Menular "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)