Rabu, 26 Mei 2021 11:31 WIB

Sembuh dari Corona, Pria Ini Ceritakan Perjuangannya Lawan Infeksi Jamur Hitam

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
India kembali dihantam gelombang COVID-19. Kini India harus menghadapi gelombang kedua yang ekstrem dengan jumlah kasus harian menembus angka 200 ribu. India dihadapkan pada dua infeksi mematikan, COVID-19 dan mukormikosis. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

India saat ini telah menyatakan mukormikosis atau 'jamur hitam' sebagai epidemi setelah penyakit tersebut telah menginfeksi hampir 9 ribu orang.

Penyakit mematikan jamur hitam ini biasanya merusak hidung, mata, sinus, dan kadang-kadang bahkan otak pasien.

Infeksi ini biasanya dialami oleh pasien COVID-19 yang sembuh. Seperti yang dialami oleh seorang pria asal Gurugram, Pushkar Saran.

Pushkar Saran, yang baru-baru ini mengidap jamur hitam, berbagi pengalamannya yang tidak menyenangkan dalam memerangi infeksi tersebut.

"Saya mengalami mati rasa di sisi kiri wajah saya, mata berair dan telah memerah," katanya kepada kantor berita lokal ANI, dikutip dari APB Live.

Ia juga bercerita giginya di sisi kiri rahang atas telah mati rasa. Saran harus menjalani operasi untuk menghilangkan infeksi tersebut.

Beruntung, pria berusia 42 tahun ini bisa pulih dari penyakit itu.

Saran mengatakan bahwa dia tertular jamur hitam setelah sembuh dari COVID-19 dan bercerita itu terjadi saat dia menggunakan steroid.

"Jika didiagnosis pada tahap awal dan pergi ke perawatan medis yang benar, itu dapat disembuhkan," katanya.

Saran juga menyarankan pasien Covid lainnya untuk tetap memeriksakan kadar diabetesnya saat mengonsumsi steroid dan mengatakan hanya meminumnya setelah berkonsultasi dengan para ahli.



Simak Video "Mengenal Infeksi Jamur Hitam yang Memakan Banyak Korban di India"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)