Jumat, 28 Mei 2021 12:00 WIB

Warga India Berdoa pada 'Dewi Corona' di Tengah Lonjakan Kasus COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
JORIA, INDIA - MAY 22: An Indian villager tends to livestock amid the states coronavirus lockdown on May 22, 2021 in Joria, Alwar District, Rajasthan, India. Indias prolonged and devastating wave of Covid-19 infections has gripped cities and overwhelmed urban health resources, but it has also reached deep into rural India, where the true extent of devastation is unknown because of the lack of widespread testing or reliable data. (Photo by Rebecca Conway/Getty Images) COVID-19 di India. (Foto: Getty Images/Rebecca Conway)
Jakarta -

Kasus infeksi dan kematian akibat COVID-19 di India sampai saat ini masih terus meningkat. Hal ini tentunya membebani fasilitas medis hingga krematorium jenazah.

Hal ini membuat para pemangku Hindu di India berdoa setiap hari pada dua dewi Corona. Dua 'Corona Devi' tersebut salah satu terbuat dari kayu cendana, sementara lainnya dari batu.

Kedua 'Corona Devi' tersebut ditempatkan di dalam kuil Kamatchipuri Adhina di kota selatan Coimbatore, Tamil Nadu, India. Wilayah itu memang diketahui terkena dampak yang parah akibat infeksi COVID-19 selama empat minggu terakhir.

Meski kuil ditutup untuk jamaah karena kasus COVID-19 yang tinggi, para pemangku masih terus membayar upeti di depan kedua dewi Corona. Mereka juga meninggalkan makanan dan persembahan lainya untuk berdoa serta memandikan patung dengan air kunyit dan susu.

Hal tersebut bertujuan agar pandemi Corona di negara tersebut segera berakhir.

"Kami pernah memiliki kuil serupa untuk penyakit cacar dan wabah yang terjadi di masa lalu. Kami menyembah virus berupa dewi dan mendoakannya setiap hari untuk mengurangi dampak penyakit ini," kata manajer kuil Anandbharathi K yang dikutip dari Al Jazeera, Jumat (28/5/2021).

"Bahkan dokter tidak bisa menangani besarnya situasi. Jadi, kami beralih ke iman dan Tuhan sebagai pilihan terakhir," lanjutnya.

Para pemangku berencana untuk melanjutkan doa mereka kepada patung dewi Corona selama tujuh minggu lagi. Hal ini bertujuan agar pandemi cepat berakhir.

Pada Kamis (27/5/2021), India mencatat sebanyak 211.298 kasus virus Corona selama 24 jam terakhir, sementara kematian naik 3.847. Total kasus saat ini di India mencapai 27,37 juta kasus dan total kasus kematian mencapai 315.235.



Simak Video "Tim Satgas Indonesia Soroti Lonjakan Kasus Corona di India"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)