Minggu, 30 Mei 2021 12:00 WIB

Hamil di Umur 50 Seperti Ibu Celine Evangelista, Ini Tantangannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Celine Evangelista saat mengisi acara Pagi-Pagi Pasti Happy di Trans TV. Celine Evangelista. (Foto: Desi Puspasari/detikHOT)
Jakarta -

Hamil di umur 20an atau 30an mungkin biasa, tapi bagaimana dengan usia 50 tahun? Meski masih mungkin, kehamilan di umur 50 tahun tergolong sangat jarang dan disebut lebih berisiko.

Seperti ibunda Celine Evangelista yang tengah hamil anak kembar di usianya yang 50 tahun. Kabar ini diungkap Celine dalam sebuah tayangan YouTube.

"Celine enggak tahu kok. Tidak ada komunikasi," ujar Celine.

Hamil di usia 50 tahun bahkan akhir 40-an tentu tidak mudah. Seorang spesialis kebidanan Vintonne Naiden, MD, dari Atlanta, Amerika Serikat, mengatakan kehamilan pada usia tersebut bisa jadi berat bagi tubuh dan pikiran.

Wanita yang hamil pada usia ini menghadapi banyak tantangan. Risiko keguguran atau bayi dengan sindrom Down atau masalah lain jauh lebih tinggi.

"Kehamilan juga bisa menjadi lebih sulit melewati usia 45 tahun," katanya kepada WebMD.

Bumil di usia 50-an akan menjalani lebih banyak tes untuk menjaga kesehatannya dan calon buah hati. Dokter akan berbicara tentang risikonya, termasuk memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah, masalah dengan plasenta, tekanan darah tinggi, keguguran, atau lahir mati.

Separuh dari semua kehamilan pada wanita di atas 45 berakhir dengan keguguran. Seiring bertambahnya usia tubuh Anda, hamil menjadi sedikit lebih menantang. Anda mungkin lebih rentan terhadap ketidaknyamanan kehamilan seperti:

- Kelelahan
- Nyeri otot
- Nyeri sendi
- Kaki bengkak
- Cepat marah
- Depresi

Satu perbedaan yang signifikan dibandingkan hamil pada usia 20 atau 30-an adalah kehamilan Anda akan dipantau dengan lebih cermat. Anda mungkin mendengar atau melihat istilah "kehamilan geriatrik" dan "usia ibu lanjut" yang digunakan untuk merujuk pada kehamilan berisiko tinggi.



Simak Video "Syarat Vaksinasi COVID-19 untuk Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)