Minggu, 30 Mei 2021 21:12 WIB

Fadli Zon Positif COVID-19 Meski Sudah Vaksin, Waspadai Titik Lengah!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Fadli Zon usai menghadiri acara di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (8/4/2021). Fadli Zon (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta -

Politisi Fadli Zon mengumumkan dirinya terinfeksi virus Corona COVID-19, Minggu (30/5/2021). Melalui Twitter, ia menyebut sudah 2 kali menjalani vaksinasi.

"Maret lalu sudah 2 kali vaksin, n tes titer antibodi 250 (cukup baik)," tulis Fadli Zon.

"Covid-19 ini nyata ada. Alhamdulillah baik2 saja. Mari waspada jaga kesehatan, jaga jarak, jaga imunitas tubuh. Mohon doanya," lanjutnya.

Hingga saat ini, para pakar mengingatkan bahwa vaksin COVID-19 tidak memberikan jaminan 100 persen kebal COVID-19, dalam arti seseorang masih tetap bisa tertular. Meski begitu, diyakini vaksin melindungi seseorang dari risiko keparahan atau bahkan kematian.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang masih bisa terinfeksi meski sudah vaksinasi lengkap. Namun yang pasti, ada beberapa titik lengah yang perlu diwaspadai.

Lengah tidak pakai masker

Merasa lebih terlindungi, seseorang cenderung makin melonggarkan kepatuhan untuk menggunakan masker maupun jaga jarak. Demi menghindari risiko penularan, disarankan untuk tetap menggunakan masker saat berada di dekat orang lain hingga diyakini telah terbentuk herd immunity.

Lengah tak mematuhi prokes

Selain tetap harus pakai masker, sangat disarankan untuk menghindari kegiatan kumpul-kumpul. Dalam setiap kegiatan semacam ini, selalu ada risiko bertemu pembawa virus. Risiko penularan meningkat ketika ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan, baik jaga jarak maupun cuci tangan.



Simak Video "Pfizer Uji Klinis Vaksin COVID-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)