Senin, 31 Mei 2021 15:06 WIB

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Pandemi Rokok Lebih Berbahaya dari COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Pemkot Bandung sosialisaikan Perda No 04 Tahun 2021 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Sosialisasi dilakukan di Alun-alun Kota Bandung. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada tanggal 31 Mei kembali mengingatkan ancaman bahaya rokok. Di tengah situasi pandemi COVID-19, rokok bisa jadi ancaman yang lebih besar.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia masih jadi negara dengan jumlah perokok ketiga terbesar di dunia dan peringkat pertama di Asia Tenggara. Jumlah perokok muda usia 10-18 tahun meningkat jadi 9,1 persen dari yang tadinya 7,2 persen berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018.

"Saya mengimbau seluruh stakeholder di pusat dan daerah, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh masyarakat untuk berperan aktif mendukung upaya berhenti merokok dengan membantu menciptakan lingkungan yang sehat dan kondusif untuk berhenti merokok," pesan Menkes Budi memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang disiarkan Komnas Pengendalian Tembakau pada Senin (31/5/2021).

Guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Profesor Hasbullah Thabrany, mengatakan rokok sebenarnya pandemi yang tak jauh berbahaya dari COVID-19. Kerugian akibat penyakit dan kematian yang ditimbulkan oleh pandemi rokok dalam setahun bisa mengalahkan pandemi COVID-19.

"Bedanya pada pandemi COVID efek ekonominya langsung kelihatan. Tapi pada pandemi rokok efeknya berlansung perlahan-perlahan sehingga banyak orang tak menyadari," ujar Prof Hasbullah.

"Lebih sulit lagi kalau pada pandemi COVID-19 hampir semua orang (komitmen) mengatasi COVID. Tapi (tidak) pada pandemi rokok, karena ada sebagian orang mendapat keuntungan luar biasa dari belanja rokok yang bisa mencapai 500 triliun dari konsumsi 320-350 miliar batang setahun," lanjutnya.



Simak Video "Meski Kasus Melandai, Satgas Covid-19 Ingatkan Pandemi Belum Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)