Selasa, 01 Jun 2021 05:57 WIB

Benarkah Tangan Dingin Tanda Penyakit Jantung? Begini Penjelasan Dokter

Ardela Nabila - detikHealth
Asian woman suffering from pain in bone against gray background, Concept with hand arthritis grimace in pain Gejala sakit jantung (Foto: iStock)
Jakarta -

Penyakit jantung merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini pun tidak luput dari mitos dan fakta yang beredar di masyarakat. Salah satunya yang sering kali terdengar adalah kabar bahwa tangan dingin menandakan penyakit jantung.

Namun, apakah benar tangan atau kaki yang dingin bisa dijadikan sebagai patokan bahwa seseorang mengidap penyakit jantung? Menurut dr Radityo Prakoso, SpJP (K) dari Heartology Cardiovascular Center, tangan yang dingin belum tentu tanda penyakit jantung.

"Jadi kalau tangan dingin, udah pasti sakit jantung nggak? Belum tentu ya," kata dr Radityo dalam webinar Penyakit Jantung Bawaan, Sabtu (29/5/2021).

Menurutnya, masyarakat tidak seharusnya langsung melakukan diagnosis sendiri. Alih-alih berspekulasi hal-hal yang membuat tidak tenang, dr Radityo mengimbau masyarakat untuk langsung melakukan pemeriksaan ke dokter jika terjadi sesuatu tidak biasa, seperti tangan dingin secara tiba-tiba.

"Kalau ada apa-apa, hubungi dokter. Karena dokter terdekat itu pasti akan bantu. Diagnosis hanya bisa dikeluarkan oleh tenaga profesional setelah melewati serangkaian pemeriksaan. Jadi kalau katanya-katanya doang, jangan dipercaya. Ada baiknya segera tanyakan ke dokter," jelasnya.



Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)