Kamis, 03 Jun 2021 11:31 WIB

Kasus 'Jamur Hitam' di RI Sulit Terdeteksi, Ternyata Ini Sebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Belum usai hadapi tsunami Corona dan jamur hitam, India kembali dihadapkan pada ancaman baru yakni jamur putih. Apa itu infeksi jamur putih? Foto: AP Photo/Mahesh Kumar A
Jakarta -

Penyakit mukormikosis atau infeksi 'jamur hitam' rentan menyerang para penyintas COVID-19. Penyakit ini belakangan menjadi perhatian karena kasusnya dilaporkan meningkat di India menyebabkan kebutaan dan kematian.

Menteri Pupuk dan Kimia India Sadananda Gowda menjelaskan biasanya tidak ada lebih dari 20 kasus mukormikosis dalam setahun. Namun, kini dilaporkan sudah ada lebih dari 9.000 kasus mukormikosis yang terkonfirmasi.

Bagaimana kondisinya di Indonesia?

Ahli penyakit infeksi dari Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Anna Rozaliyani, MBiomed, SpP(K), menjelaskan sejauh ini belum terlihat peningkatan kasus mukormikosis di Indonesia.

Salah satu yang jadi tantangan adalah karena fasilitas diagnosis yang kurang memadai. Untuk bisa memastikan kasus diperlukan pemeriksaan laboratorium mikologi.

"Semasa pandemi belum menemukan bukti pasti. Hanya ada beberapa dugaan karena terkendala fasilitas diagnosis yang memadai di Indonesia," kata dr Anna dalam konferensi pers daring Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Kamis (3/6/2021).

"Di satu sisi bersyukur juga ya laporan kasus di Indonesia belum banyak terungkap. Mudah-mudahan itu bukan fenomena gunung es," lanjutnya.

dr Anna mengatakan saat ini setidaknya sudah ada dua laboratorium yang disiapkan jadi pusat rujukan untuk diagnosis mukormikosis. Satu laboratorium di FKUI dan laboratorium lainnya di Rumah Sakit Persahabatan.

Para dokter di daerah diimbau untuk lebih waspada terhadap kasus mukormikosis. Diagnosis awal dapat dilakukan dengan melihat gejala dan riwayat kesehatan pasien.

Gejala mukormikosis bisa dimulai dari rasa sakit kepala, hidung tersumbat, demam, wajah membengkak, dan kemudian muncul kematian jaringan berwarna hitam. Penyakit rentan terjadi pada orang dengan kondisi imunitas yang terganggu, misalnya penyintas COVID-19 yang mengidap diabetes.



Simak Video "Keterkaitan COVID-19 dengan Ledakan Kasus 'Jamur Hitam' di India"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)