Kamis, 03 Jun 2021 14:03 WIB

Mewabah di India, dari Mana 'Jamur Hitam-Putih-Kuning' Mendapat Namanya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Belum usai hadapi tsunami Corona dan jamur hitam, India kembali dihadapkan pada ancaman baru yakni jamur putih. Apa itu infeksi jamur putih? Foto: AP Photo/Mahesh Kumar A
Topik Hangat Serangan Jamur Hitam
Jakarta -

Belakangan heboh infeksi jamur hitam, jamur kuning, hingga jamur putih yang dikaitkan dengan penyakit mukormikosis. Dr dr Anna Rozaliyani, MBiomed, SpP(K) dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) meluruskan, penamaan warna-warni infeksi jamur tersebut tampak tidak pas karena menimbulkan kerancuan.

Diakuinya, tak sedikit yang akhirnya salah menilai jamur hitam atau jamur putih yang dimaksud adalah jamur golongan lain. Sebenarnya dari mana sih awal mulanya penamaan infeksi jamur hitam, jamur putih, hingga jamur kuning?

"Nah kelihatannya istilah jamur, kuning, hitam, dan putih itu dikaitkan dengan warna cairan, warna cairan tubuh yang keluar dari rongga sinus pasien yang mengalami mukormikosis," jelas dr Anna, dalam konferensi pers, Kamis (3/6/2021).

"Ada periode ketika pasien itu mengeluarkan cairan atau kita bilang seperti lendir gitu ya, semacam lendir dari rongga hidung atau rongga sinus," sambungnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ada masa di mana warna putih tersebut berubah menjadi kuning hingga di periode tertentu berubah lagi menjadi warna hitam. Maka dari itu, ia menjelaskan infeksi jamur hitam lebih tepat disebut dengan jamur yang menyebabkan kelainan berwarna hitam.

Menurutnya, di Indonesia sudah pernah terjadi laporan infeksi mukormikosis. Namun, jumlahnya tidak signifikan seperti yang terjadi di India dan tercatat sebelum pandemi Corona.

"Pernah ada laporan kasus tetapi memang kita temukan sebelum pandemi, jumlahnya tidak banyak mungkin setahun itu kalau dikumpulkan seluruh Indonesia tidak sampai 50," kata dia.

Ia tetap mewanti-wanti jika penyakit ini sangat fatal karena angka kematian sangat tinggi. Bagi yang terpapar dan tidak segera mendapat pertolongan, di banyak kasus, nyawanya tidak bisa tertolong.



Simak Video "Dugaan Ahli soal Penyebab Ledakan Kasus Jamur Hitam di India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Serangan Jamur Hitam