Kamis, 03 Jun 2021 18:15 WIB

Direktur AstraZeneca RI Pastikan Vaksin Masih Efektif Lawan Varian Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Petugas tenaga kesehatan memberikan vaksin Astrazeneca kepada warga di kawasan RW 01 Sunter Agung dan Puskesmas Cilincing, Jakarta Utara, Senin (24/5/2021). Vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 resmi disetop. Namun Vaksin AstraZeneca selain batch CTMAV547 tetap digunakan dalam program vaksinasi nasional. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Indonesia telah mengonfirmasi kasus penularan beberapa varian baru COVID-19. Ada kekhawatiran di tengah masyarakat bahwa vaksin yang ada saat ini sudah tidak efektif, terlebih muncul kabar beberapa tokoh publik yang sudah divaksinasi masih bisa terinfeksi.

Direktur AstraZeneca Indonesia Rizman Abudeiri menjelaskan bahwa hingga saat ini vaksin COVID-19 yang ada masih efektif melawan varian. Ia meyakinkan masyarakat bahwa kebijakan program vaksinasi di Indonesia tentunya melalui proses pertimbangan panjang dengan dasar ilmiah.

"Kita harus percaya bahwa proses vaksinasi yang dilakukan hari ini tidak hanya bisa mencegah terjadinya penularan COVID-19... tapi juga varian-variannya," kata Rizman dalam dialog yang disiarkan Forum Merdeka Barat 9, Kamis (3/6/2021).

Rizman melanjutkan pihak industri juga selalu memberikan data keamanan dan efikasi vaksin corona. Data dikaji sehingga akhirnya diputuskan bisa dipakai secara umum.

"Kami sebagai industri farmasi, data yang kita sampaikan sangat luar biasa. Dikaji sangat dalam, sangat cermat, sehingga keputusan ini terjadi," pungkasnya.



Simak Video "Vaksin Disebut Masih Efektif untuk Segala Varian Virus Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)