Jumat, 04 Jun 2021 05:30 WIB

Round Up

Juli Sudah Mulai Sekolah Tatap Muka, Mahasiswa Kapan Divaksin?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sekolah Tatap Muka Sekolah tatap muka (Foto: Pradita Utama/DetikNews)
Jakarta -

Sekolah tatap muka direncanakan bakal mulai berjalan kembali Juli 2021, menteri terkait sudah menegaskan 'tidak ada tawar menawar' soal itu. Sementara itu anak dan remaja maupun para mahasiswa masih belum menjadi prioritas vaksinasi.

"Sekarang masih pendidik dan tenaga pendidik," juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi kepada detikcom, Kamis (3/6/2021).

Menurut dr Nadia, sasaran vaksinasi COVID-19 pada Juli mendatang masih dalam pembahasan. Rencananya, kelompok masyarakat umum akan segera mendapat gilirannya.

Khusus untuk anak dan remaja, vaksinasi COVID-19 masih menunggu rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) hingga ITAGI. Beberapa jenis vaksin memang telah menjalani uji klinis dan dinyatakan efektif pada kelompok usia 12-15 tahun.

"Apakah vaksin itu sudah ada di negara kita, artinya jenis vaksinnya itu misalnya Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, Novavax, atau harus mencari jenis vaksin baru," jelas dr Nadia dalam diskusi virtual sebelumnya, Senin (31/5/2021).

"Nah kalau harus mencari jenis vaksin baru ya berarti harus negosiasi lagi pemerintah, belum tentu produsen vaksinnya punya stok vaksin, itu yang pertama," sambungnya.



Simak Video "Catatan dari IDI Jika PTM di Sekolah Dilaksanakan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)