Jumat, 04 Jun 2021 06:30 WIB

Kudus Masih 'Diamuk' Corona, Puluhan Pasien Dirujuk ke Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikHealth
Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menjadi zona merah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Lalu bagaimana kondisi Kudus saat ini? Ilustrasi Kudus (Foto: Dian Utoro Aji)
Semarang -

Sejumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Kudus dirujuk ke Kota Semarang agar bisa ditangani. Setidaknya tercatat ada 66 pasien dari Kudus yang kini ditangani di RS KRMT Wongsonegoro Semarang dan tempat isolasi di Rumah Dinas Wali Kota.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan hampir 37 persen pasien Corona yang ditangani di Kota Semarang berasal dari luar kota. Pasien dari Kudus memang yang paling banyak dirujuk karena di sana memang peningkatan jumlah kasus masih tinggi.

"Jadi kalau hari ini 678 (pasien yang dirawat), berarti 428 dari Kota Semarang, luar kota 250 orang, ya hampir 37 persen. Paling banyak Kudus 66 orang, Demak 46 orang, Grobogan 21 orang, Kabupaten Semarang 18 orang, Kendal 18 orang, dan Pati 14 orang," kata Hakam di sela pembukaan vaksinasi drive thru di kawasan Simpang Lima Semarang, Kamis (3/6/2021).

Ia menjelaskan pada prinsipnya Kota Semarang siap membantu daerah sekitar meski kasus di Kota Semarang juga sedang tinggi.

"Kita tetap memberi kesempatan dan bantu, tapi kita sesuaikan dengan indikasi kemanusiaan," ujarnya.

Untuk diketahui, kasus COVID-19 di Kudus sedang tinggi, ratusan tenaga medis ikut terpapar bahkan ada yang meninggal. Tingkat keterisian bed perawatan juga melonjak bahkan penuh. Pemprov Jateng sudah melakukan pengiriman bantuan nakes ke sana, begitu pula dengan TNI dan Polri melakukan back up tenaga medis.

"Kita sudah tambah di Kudus, tambah tenaga kesehatan untuk medis 6, nakes ada 10," kata Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi di kawasan Simpang Lima Semarang.



Simak Video "Kasus Corona Kudus Melejit, Ada Sebaran Mutasi Baru? "
[Gambas:Video 20detik]
(alg/up)