Jumat, 04 Jun 2021 08:05 WIB

Awas! Kasus Jamur Hitam Kini Terdeteksi di Luar India

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Belum usai hadapi tsunami Corona dan jamur hitam, India kembali dihadapkan pada ancaman baru yakni jamur putih. Apa itu infeksi jamur putih? Foto: AP Photo/Mahesh Kumar A
Jakarta -

Petugas medis di Chili melaporkan kasus jamur hitam yang berkaitan dengan virus Corona. Ini menjadi kasus jamur hitam pertama yang ditemukan di luar India, tempat munculnya wabah tersebut.

"Kasus infeksi jamur telah terdeteksi sejak awal pandemi, tetapi frekuensinya meningkat dan kasus serius meningkat," kata Perhimpunan Infeksiologi Chili yang dikutip dari New York Post, Jumat (4/6/2021).

Di India, ratusan orang tengah berjuang melawan infeksi jamur hitam yang muncul bersamaan dengan varian baru Corona, yaitu varian Delta atau B1617.2. Infeksi ini juga menyebabkan kematian yang mencapai lebih dari 50 kasus.

Infeksi jamur hitam ini menyebabkan penglihatan kabur atau ganda, nyeri dada, dan kesulitan bernapas. Ini bisa menyerang orang-orang yang memiliki masalah kesehatan atau mengkonsumsi obat yang menurunkan kemampuan imunitas tubuh.

Di India, pemberian obat steroid secara bebas disebut-sebut menjadi salah satu pemicunya. Terlebih, obat steroid yang umum digunakan untuk meringankan gejala COVID-19 bekerja dengan menekan sistem imun.

Ditemukan juga di Uruguay

Dikutip dari Mirror UK, satu kasus jamur hitam juga ditemukan di Uruguay. Diketahui, pasien tersebut adalah seorang pria berusia 50 tahun yang sembuh dari COVID-19 pada pekan lalu.

Kemunculan dua kasus jamur hitam di luar India ini tentunya memicu kekhawatiran, karena infeksi tersebut menyebar dengan cepat.



Simak Video "Dugaan Ahli soal Penyebab Ledakan Kasus Jamur Hitam di India"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)