Jumat, 04 Jun 2021 08:35 WIB

Malaysia Rekor Kematian Corona Lagi! Angkanya Bisa Sentuh 26 Ribu di September

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Otoritas Malaysia melaporkan total kasus virus Corona (COVID-19) di wilayahnya telah melampaui 10 ribu kasus. COVID-19 di Malaysia. (Foto: AP/Vincent Thian)
Jakarta -

Pada Kamis (3/6/2021) kemarin, Malaysia kembali melaporkan lebih dari 100 kasus kematian baru akibat COVID-19, yaitu sebanyak 103 kasus. Sebelumnya, pada Rabu (2/6/2021) kematian di negara tersebut mencapai 126 kasus per harinya.

Direktur Jenderal kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan kini total kematian akibat COVID-19 di Malaysia mencapai 3.096 kasus.

Di tengah lonjakan kasus ini, sebuah studi yang dilakukan sebuah universitas di Amerika memprediksi bahwa angka kematian di Malaysia bisa mencapai 26.000 pada September mendatang.

"(Proyeksi) bukan sesuatu yang mustahil," kata Menteri Kesehatan Malaysia Dr Adham Baba dalam konferensi pers di Rumah Sakit Canselor Tuanku Muhriz Universiti Kebangsaan Malaysia, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (4/6/2021).

Menurut anggota Dewan Ilmu Pengetahuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Adeeba Kamarulzaman, proyeksi tersebut didasari dengan kondisi saat ini. Ia mengatakan studi yang dilakukan Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan Universitas Washington itu juga memproyeksi bahwa tingkat kematian di Malaysia bisa mencapai 200 kasus pada akhir Agustus.

Dalam konferensi pers, Dr Adham mengatakan bahwa sebanyak 60 persen kasus COVID-19 di Malaysia berkaitan dengan mobilitas penduduk di sana. Sementara 40 persennya berasal dari klaster.

"Virus itu mengikuti orang. Kalau orang pindah, virusnya juga pindah," ujarnya.



Simak Video "WHO Sebut Dunia Tengah Hadapi 'Pandemi Dua Jalur'"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)