Minggu, 06 Jun 2021 08:00 WIB

Pandemi COVID-19 Nggak Habis-habis, 2 Varian Virus Flu Terancam Punah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
close up laboratory microscope, science and research concept Dua varian virus flu diperkirakan punah (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tatomm)
Jakarta -

Penularan virus flu diperkirakan menurun selama pandemi COVID-19, sampai-sampai ada 2 varian virus flu yang terancam punah. Penggunaan masker dan berbagai langkah pencegahan COVID-19 lainnya turut mempersulit penularan flu.

Statnews melaporkan, virus flu varian H3N2 kemungkinan sudah lenyap alias punah. Fenomena yang sama juga dialami salah satu varian flu yang dikenal sebagai B/Yamagata.

Virus flu B tidak memiliki subtipe maupun clade, tetapi dibagi menjadi dua lineage yakni B/Yamagata dan B/Victoria.

Dalam setahun terakhir, tidak ditemukan kasus flu dengan salah satu dari kedua varian tersebut. Temuan terakhir kasus flu dengan varian dari clade H3N2 yang dikenal sebagai 3c3.A terdeteksi pada Maret 2020.

"Saya pikir ada kemungkinan besar bahwa ini sudah hilang. Tapi dunia ini besar banget," kata Trevor Bedford, pakar biologi komputasi dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, kepada Statnews.

Kemungkinan virus flu tersebut masih bersirkulasi tapi tidak terdeteksi, selalu ada. Tetapi para pakar meyakini kemungkinan punah memang tidak bisa dikesampingkan.

"Hanya karena tidak ada seorangpun menemukannya, tidak berarti hilang sama sekali kan? Tapi memang bisa," kata Florian Krammer, ahli virus dari Icahn School of Medicine Mount Sinai di New York.



Simak Video "Simak! Petunjuk Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)