Senin, 07 Jun 2021 06:20 WIB

Ngebut dengan Baju Balap Terbuka, Mungkin Nggak Quartararo Masuk Angin?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Momen tak biasa dialami pebalap Fabio Quartararo di balapan MotoGP Catalunya 2021. Baju balapnya terbuka saat tengah seru-serunya melaju dengan kecepatan tinggi.

Meski mengaku tidak sengaja dan sudah berusaha membetulkannya meski gagal, rider Prancis ini harus ihlas dapat penalti. Yang mungkin masih harus dipikirkan lagi adalah, mungkinkah Quartararo masuk angin karena hal itu?

Jawabannya, tergantung bagaimana mendefinisikan masuk angin. Faktanya, dunia medis tidak mengenal istilah masuk angin.

"Sebenarnya masuk angin itu tidak ada di medis," tegas dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA, dokter jantung dari RS Mayapada, dalam wawancara dengan detikcom beberapa waktu lalu.

Umumnya, masuk angin dalam pengertian awam adalah perasaan tidak nyaman ketika kondisi badan sedang tidak sehat. Memang tidak spesifik, sehingga keluhan apapun bisa 'diklaim' sebagai masuk angin.

Namun ada beberapa kondisi yang menurut dr Ayu kerap dikaitkan dengan istilah 'masuk angin'. Di antaranya dispepsia atau sering disebut juga sakit maag, serta gangguan jantung.

"Jangan salah, mag itu kadang-kadang. Ngerasanya mag tapi ternyata dia mengidap serangan jantung. Jadi kalau misalnya ada mag yang hebat sampai keringatan sampai basah satu baju dan muntah, itu sebaiknya ke UGD dan langsung melakukan pemeriksaan EKG," saran dr Ayu.

Pendapat lain disampaikan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr (Cand) dr Inggrid Tania, M.Si. Menurutnya, masuk angin yang sering dikeluhkan sehari-hari pada dasarnya adalah infeksi common cold atau salesma.

Beberapa gejala yang menyertai common cold atau salesma adalah kembung, mual, kadang disertai meriang dan sakit tenggorokan. Ada kalanya, keluhan batuk-pilek juga datang menyertai 'masuk angin'.

"Kalau orang Indonesia juga kadang bilangnya itu sebagai flu. Tapi itu sebenarnya adalah common cold atau selesma," katanya.

(up/up)