Senin, 07 Jun 2021 14:50 WIB

Bocoran 60 Persen Produk Nestle yang Konon Diakui Tak Sehat

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Young woman wearing protective mask and buying food in grocery store during coronavirus pandemic. Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic
Jakarta -

Heboh dokumen internal menyatakan Nestle mengaku 60 persen produknya tidak memenuhi standar sehat makanan atau minuman. Dilaporkan Financial Times, ada beberapa produk yang tidak mencapai ambang batas kesehatan produk Australia Health Rating System.

Disebutkan, ambang batas sehat berada di poin 3,5, dengan angka maksimal 5. Namun, hanya 37 persen produk makanan dan minuman di antaranya yang memperoleh rating di atas 3,5.

Produk yang tak memenuhi ambang batas

  • 96 persen dari minuman Nestle (tidak termasuk pure coffee)
  • 99 persen dari portofolio permen dan es krim Nestle

Produk yang memenuhi ambang batas

  • 82 persen produk minuman
  • 60 persen produk susu

Dalam laporan yang sama, perhitungan produk tersebut tidak mencakup susu formula bayi, makanan hewan, kopi dan divisi ilmu kesehatan yang ditujukan untuk sejumlah orang dengan kondisi medis tertentu. Salah satu produk yang juga di-highlight dalam laporan tersebut adalah Digiorno three meat croissant pizza. Disebut mengandung 40 persen asupan natrium harian yang direkomendasikan.

Kitkat nestle

Sementara, menurut Down to Earth, 100 gram cokelat KitKat Nestlé mengandung 49 gram gula, dua kali lipat dari batas atas yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam sehari. 'Masala', mie Maggi mengandung 3,7 gram garam, yang menghabiskan 75 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Mark Schneider, chief executive, telah mengakui bahwa konsumen menginginkan pola makan yang lebih sehat. Tetapi ia menolak klaim makanan olahan, termasuk yang dibuat oleh Nestlé dan perusahaan multinasional cenderung tidak sehat.

Nestlé menyebut tengah mengerjakan proyek di seluruh perusahaan untuk memperbarui strategi nutrisi dan kesehatan perintisnya. "Kami melihat seluruh portofolio kami di berbagai fase kehidupan masyarakat untuk memastikan produk kami membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka dan mendukung diet seimbang," demikian laporan FT.

"Upaya kami dibangun di atas fondasi kerja yang kuat selama beberapa dekade. Misalnya, kami telah mengurangi gula dan natrium dalam produk kami secara signifikan dalam dua dekade terakhir, sekitar 14-15 persen dalam tujuh tahun terakhir saja."



Simak Video "60 Persen Produk Nestle Dinilai Tidak Sesuai Standar Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)