Senin, 07 Jun 2021 17:35 WIB

Apa Itu Biduran? Yuk Kenali Penyebab dan Obat Gatal Biduran

Firdaus Anwar - detikHealth
A high angle close up of half a coconut and a tumbler full of coconut water, coconut water is said to be rich in potassium and antioxidants. Shot on a grungy old wooden table. Munculnya biduran bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Biduran atau kaligata adalah kondisi kulit yang tampak merah, berbintil-bintil, dan terasa gatal. Biduran diperkirakan bisa dialami sekitar 20 persen orang dalam masa hidupnya dengan tingkat keparahan ringan hingga parah.

Dikutip dari WeBMD, biduran bisa dikategorikan menjadi dua jenis berdasarkan durasi munculnya gejala.

Biduran akut terjadi dalam kurun waktu kurang dari enam minggu dan biasanya disebabkan alergi. Sementara biduran kronis terjadi lebih dari enam minggu dengan penyebab yang lebih sulit ditentukan karena bisa berkaitan dengan penyakit lain.

Baca juga: Biduran/Kaligata

Apa penyebab biduran?

The National Health Service Inggris (NHS) menjelaskan pada dasarnya biduran terjadi ketika senyawa histamin yang berperan dalam proses peradangan dilepaskan pada area kulit. Dampaknya pembuluh darah di area kulit jadi melebar, membuat lebih banyak cairan masuk berujung pembengkakan dan rasa gatal.

Hal-hal yang diketahui bisa jadi penyebab biduran:

1. Alergi makanan, obat, atau senyawa tertentu. Sebagai contoh biduran bisa terjadi karena kontak fisik dengan zat iritan.

2. Infeksi bakteri atau virus.

3. Gigitan serangga

4. Stimulus fisik mulai dari tekanan, suhu dingin, suhu panas, olahraga, hingga paparan sinar matahari. Hal ini yang biasanya jadi penyebab biduran di malam hari.

Apa obat gatal biduran?

The American College of Allergy, Asthma and Immunology (ACAAI) menyarankan berkonsultasi dengan ahli alergi untuk mengidentifikasi secara pasti penyebab munculnya biduran pada seseorang. Bila sudah tahu maka langkah terbaik adalah menghindari atau mencegah terpapar pemicu sehingga biduran tidak muncul.

Dokter bisa juga meresepkan obat antihistamin untuk membantu meredakan keluhan gatal-gatal karena biduran.

"Obat ini bekerja dengan cara menghalangi efek histamin, senyawa di kulit yang menjadi penyebab gejala alergi," tulis ACAAI.

Obat biduran atau tindakan lain yang juga bisa dilakukan adalah:

1. Hindari menggaruk atau menggesek-gesek kulit yang terasa gatal.

2. Bila biduran muncul karena cuaca dingin maka gunakan pakaian hangat atau yang sejenisnya.

3. Bila biduran muncul karena cuaca panas maka hindari paparan sinar matahari. Gunakan krim tabir surya.

4. Hindari pakaian yang ketat. Tekanan yang terus menerus pada kulit bisa jadi pemicu biduran.



Simak Video "Si Kecil Alergi, Berikut Cara Jaga Imunitasnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)