Selasa, 08 Jun 2021 10:31 WIB

9 Manfaat Kunyit Putih, Atasi Gangguan Pencernaan Sampai Cegah Kanker

Ayunda Septiani - detikHealth
Konsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah Diabetes Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Manfaat kunyit putih dipercaya mampu membantu mengatasi beberapa keluhan atau penyakit. Kunyit putih merupakan salah satu kunyit yang diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan meski jenis kunyit ini jarang ditemukan.

Kunyit termasuk ke dalam famili jahe-jahean. Kunyit putih atau dikenal dengan nama white turmeric, atau Zedoary (curcuma zedoaria) dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

Beberapa manfaat kunyit putih termasuk obat analgesik atau anti nyeri, anti alergi, obat tukak lambung, anti racun, dan anti radang.

Berikut beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan dikutip dari laman Healthline.

1. Meningkatkan antioksidan

Manfaat kunyit putih yang pertama adalah sumber antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimia yang dimilikinya. Selain itu, kurkumin mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh dan merangsang pertahanan antioksidan.

2. Anti nyeri

Manfaat kunyit putih ternyata diyakini juga bisa dijadikan sebagai analgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, efek analgesik ini tergantung pada besarnya dosis yang digunakan.

3. Obat tukak

Tepung dari akar kunyit putih ini dipercaya bisa mengurangi jumlah dan keasaman cairan lambung, sehingga bisa digunakan sebagai obat tukak lambung.

Namun, manfaat kunyit putih ini masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut pada manusia.

4. Antiradang

Tanaman ini dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan.

5. Senyawa antiinflamasi

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang kuat. Kurkumin di dalam kunyit merupakan zat bioaktif yang melawan peradangan pada tingkat molekuler.

6. Antibakteri dan antijamur

Manfaat kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah mikroba di dalam mulut. Efektivitasnya sama dengan produk obat kumur di pasaran.

Selain itu, ekstrak dari kunyit putih ini juga diyakini dapat menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pilah Pilih Jamu dan Herbal untuk Tambah Imun"
[Gambas:Video 20detik]