Selasa, 08 Jun 2021 12:00 WIB

Sekolah Tatap Muka Sebentar Lagi, Vaksin Sinovac Akan Dipakai untuk Anak di RI?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di kawasan Jakarta Utara. Seperti diketahui, lansia jadi salah satu kelompok prioritas yang menerima vaksin Corona. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

China sudah menyetujui penggunaan vaksin Corona Sinovac pada anak usia 3 hingga 17 tahun. Kabar ini tentu menjadi harapan besar di tengah aturan sekolah tatap muka yang digelar Juli mendatang.

Juru bicara pemerintah untuk COVID-19 Reisa Broto Asmoro menyebut aturan terkait belum bisa diterapkan di Indonesia. Sebab, masih menunggu hasil evaluasi lebih lanjut soal penerapan vaksin Corona Sinovac pada anak.

"Kabar terkininya memang di China sendiri sudah mengapprove atau menyetujui vaksin Sinovac itu untuk anak usia 3 sampai 17 tahun. Nah semoga kalau memang ini hasilnya bagus, akan segera juga diakui oleh WHO untuk listing usia tersebut," beber dr Reisa dalam siaran Radio Kesehatan, Senin (7/6/2021).

"Dan nanti kalau memang berjalan baik sesuai harapan Indonesia mulai bisa nih melakukan vaksinasi kepada anak-anak sampai remaja," sambungnya.

Meski begitu, untuk saat ini, dr Reisa menyarankan agar orang tua yang sudah mendapatkan prioritas vaksinasi Corona mengikuti proses tersebut. Sebab, vaksinasi Corona juga bisa melindungi orang lain di sekitar terutama yang belum bisa mendapatkan vaksin COVID-19.

Seperti diketahui, vaksin Corona Pfizer dan Moderna belakangan juga dipakai untuk vaksinasi anak usai hasil uji klinis menunjukkan efikasi di atas standar WHO. Sementara, juru bicara vaksinasi COVID-19 dr Nadia Siti Tarmizi menegaskan ketentuan vaksinasi anak akan menjadi pembahasan bersama IDAI, ITAGI, dan BPOM.

Hingga kini, rekomendasi vaksinasi Corona pada anak belum dikeluarkan.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)