Rabu, 09 Jun 2021 07:40 WIB

Terungkap! 3 Gejala COVID-19 Terbaru Ditemukan di India, Ini Daftarnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
MUMBAI, INDIA - MAY 27: A patient who has Covid-19 sits on his bed in an ICU ward at the government-run St. George hospital on May 27, 2021 in Mumbai, India. Indias prolonged and devastating wave of Covid-19 infections has gripped cities and overwhelmed health resources. (Photo by Fariha Farooqui/Getty Images) COVID-19 di India. (Foto: Getty Images/Fariha Farooqui)
Jakarta -

Dokter di India yang menangani pasien COVID-19 melaporkan gejala baru Corona yang muncul pada orang yang terinfeksi virus mematikan tersebut.

Tingginya kasus COVID-19 di India ternyata memunculkan 3 gejala baru. Dokter di India mengatakan gejala baru COVID-19 ini harus diwaspadai.

Salah satu dokter yang merawat pasien Corona, GB Sattur, gejala baru tersebut berkaitan dengan area mulut. Gejala ini biasanya ditandai dengan kondisi umum saat terinfeksi Corona seperti demam serta batuk terus menerus.

Tiga gejala tersebut antara lain:

  • mulut kering yang sangat ekstrem
  • iritasi atau rasa gatal pada lidah
  • sariawan.

"Keluhan lidah harus diperhatikan oleh dokter dan tidak boleh diabaikan. Pemerintah harus melakukan lebih banyak tes genom untuk memahami varian dengan lebih baik karena mungkin saja ini berkaitan dengan gejala varian COVID-19 yang terus ditemukan," kata dr Sattur dikutip dari Birmingham Mail.

Penting untuk diingat bahwa masing-masing orang memiliki respons yang berbeda terhadap COVID-19. Sebagian besar orang yang terpapar virus ini akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa perlu dirawat di rumah sakit.

Rata-rata gejala akan muncul 5-6 hari setelah seseorang pertama kali terinfeksi virus ini, tetapi bisa juga 14 hari setelah terinfeksi.



Simak Video "Riset Eijkman Ungkap 3 Gejala Umum COVID-19 yang Ditemukan Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)