Rabu, 09 Jun 2021 12:45 WIB

Catat! Ini Kadar Kolesterol Normal pada Orang Dewasa

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi level kolesterol. Batas kadar kolesterol normal pada orang dewasa. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Kolesterol merupakan zat yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol normal.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh, sebagai berikut.

  • Kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL), yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh.
  • Kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL), yakni jenis kolesterol yang bisa menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke, jika kadarnya terlalu tinggi dan tidak dikendalikan.

American Heart Association pun merekomendasikan agar kita rutin memeriksa kadar kolesterol setiap 4-6 tahun sekali apabila sudah berusia di atas 20 tahun. Sebab, kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia.

Berapa batas kadar kolesterol normal pada orang dewasa?

Menurut pedoman tentang pengelolaan kadar kolesterol pada tahun 2018, yang telah diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology (JACC), ada beberapa kadar kolesterol pada orang dewasa yang perlu diketahui, sebagai berikut.

1. Kadar kolesterol normal

Kadar kolesterol kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL) masuk ke dalam kategori normal. Dengan kadar kolesterol baik (HDL) ideal sebanyak 60 mg/dL atau lebih, dan kadar kolesterol jahat (LDL) harus kurang dari 100 mg/dL.

2. Kadar kolesterol batas tinggi

Kadar kolesterol yang berkisar antara 200-239 mg/dL masuk ke dalam kategori batas tinggi. Dengan LDL berkisar antara 130-159 mg/dL.

3. Kadar kolesterol tinggi

Kadar kolesterol lebih dari 240 mg/dL masuk ke dalam kategori tinggi. Dengan HDL di atas 60 mg/dL, dan kadar LDL di atas 160 mg/dL.

Bagaimana jika kadar kolesterol melebihi batas normal?

Dalam beberapa kasus, kadar kolesterol yang tinggi tidak menunjukkan gejala. Namun, apabila kondisinya sudah parah, seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa mengalami komplikasi serius, seperti serangan jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Itulah mengapa pentingnya melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin. Selain itu, penting juga bagi kita untuk tetap menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kadar kolesterol normal.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)