Jumat, 21 Mei 2021 20:00 WIB

Berapa Kadar Kolesterol Normal? Ini Penjelasannya Berdasarkan Usia

Ardela Nabila - detikHealth
Mengukur atau mengecek kolesterol Batasan kolesterol normal berdasarkan usia. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Tingkat kolesterol normal berbeda-beda pada setiap orang. Sebab, kadar kolesterol masing-masing orang ditentukan oleh faktor usia, berat badan, dan jenis kelamin.

Seiring berjalannya waktu, tubuh seseorang cenderung memproduksi lebih banyak kolesterol. Artinya, penting untuk melakukan pengecekan tingkat kolesterol secara rutin. Idealnya, pengecekan bisa dilakukan setiap 4-6 tahun sekali.

Tingkat kolesterol seseorang dapat diukur berdasarkan tiga kategori, yaitu:

  • Total kolesterol
  • LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat
  • HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik.

Namun, masalah yang kerap dihadapi oleh banyak orang dalam mengontrol kolesterolnya adalah untuk menyeimbangi ketiga kategori tersebut. Sebab, total kolesterol dan kolesterol jahat harus berada dalam tingkat rendah, sementara kolesterol baik atau HDL berfungsi menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit.

Semakin bertambahnya usia seseorang, maka kadar kolesterolnya akan semakin meningkat pula. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pencegahan dini dan menjaga tingkat kolesterol agar tetap normal.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut tingkat kolesterol normal berdasarkan usia.

1. Orang dewasa

Total kadar kolesterol kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL) pada orang dewasa masih masuk ke dalam kategori normal. Kolesterol yang berkisar di antara 200 dan 239 mg/dL masuk ke dalam batas tinggi, sedangkan tingkat kolesterol di atas 240 mg/dL dianggap tinggi.

Pada orang dewasa, LDL atau kolesterol jahat harus kurang dari 100 mg/dL. Namun, kolesterol jahat sebanyak 100-129 mg/dL masih dianggap normal bagi orang dewasa yang tidak memiliki masalah kesehatan apapun.

Kadar kolesterol jahat di antara 130-159 mg/dL merupakan batas tinggi dan 160-189 mg/dL masuk ke dalam kategori tinggi. Lebih lanjut, LDL yang berada di angka 190 mg/dL atau lebih dianggap sangat tinggi.

Kebalikan dari LDL, semakin tinggi HDL maka semakin baik. Kolesterol baik kurang dari 40 mg/dL harus diwaspadai karena merupakan risiko terbesar terjadinya penyakit jantung. Sedangkan HDL yang berada di angka kisaran 41-59 mg/dL berada di batas tinggi. Kadar optimal kolesterol normal untuk tingkat HDL pada orang dewasa adalah 60 mg/dL atau lebih.

2. Anak-anak

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, tingkat kolesterol normal pada anak-anak sangat berbeda. Kisaran kolesterol total yang normal pada anak-anak adalah kurang dari 170 mg/dL.

Sementara itu, batas tinggi kolesterolnya berkisar antara 170-199 mg/dL. Total kolesterol lebih dari 200 mg/dL pada seorang anak sudah masuk pada kategori terlalu tinggi.

Kadar kolesterol jahat atau LDL pada anak harus lebih rendah daripada orang dewasa. Kisaran normal tingkat LDL pada anak adalah kurang dari 110 mg/dL. Sedangkan batas tingginya berkisar antara 110-129 mg/dL dan kategori kolesterol tinggi apabila lebih dari 130 mg/dL.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kadar kolesterol normal pada anak-anak dan orang dewasa tentunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, mulai dari menjaga pola makan hingga rutin berolahraga.

Sebab, kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.



Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)