Kamis, 10 Jun 2021 13:41 WIB

5 Obat Bisul Alami yang Ampuh, Bikin Cepat Sembuh

Firdaus Anwar - detikHealth
Abscess under the chin, area of suppuration. Collection of pus that has built up within the tissue of the body. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Bisul yang mengganggu bisa membuat aktivitas sehari-hari jadi tidak nyaman. Bisul muncul biasanya karena ada infeksi pada folikel rambut sehingga akhirnya kulit membengkak, terisi oleh nanah, dan menimbulkan nyeri.

Dikutip dari MayoClinic, bisul bisa muncul di seluruh permukaan kulit. Hanya saja area yang sering jadi tempat munculnya bisul adalah wajah, leher belakang, ketiak, paha, pantat, dan tempat lainnya yang mudah berkeringat serta dipenuhi rambut.

Pada umumnya bisul akan sembuh sendiri dalam kurun waktu sekitar dua minggu. Jangan coba-coba memecahkan bisul dengan paksa karena malah bisa membuat infeksi jadi lebih parah.

Bila bisul tak kunjung sembuh setelah dua minggu, terjadi di wajah yang memengaruhi penglihatan, terasa nyeri semakin hebat, memicu demam, atau kerap kambuh, maka sebaiknya segera temui dokter.

Berikut beberapa cara mengobati bisul agar cepat kempes:

1. Kompres hangat

Kompres hangat bisa membantu meredakan peradangan pada area bisul. Gunakan kain bersih yang telah direndam dengan air hangat pada bisul. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari selama sekitar 10 menit.

2. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh atau populer disebut tea tree oil merupakan obat bisul alami supaya cepat sembuh. Ini karena minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik dan antiradang yang akan membantu mengurangi pembengkakan serta bakteri penyebab infeksi.

Gunakan minyak pohon teh dengan terlebih dahulu melarutkannya dengan campuran minyak zaitun atau minyak kelapa. Jangan gunakan minyak pohon teh langsung ke kulit karena malah bisa mengiritasi, memberikan efek seperti terbakar.

Gunakan campuran minyak pohon teh pada bisul sebanyak dua atau tiga kali sehari.

3. Kunyit

Campuran kunyit juga bisa membantu sebagai obat bisul alami karena alasan yang sama seperti minyak pohon teh. Kunyit diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiradang.

Bubuk kunyit bisa dicampur dengan air atau jahe untuk membuat pasta yang bisa digunakan sebagai salep oles.

4. Garam

Garam bisa dimanfaatkan untuk obat bisul dengan cara mencampurnya pada air hangat yang kemudian digunakan sebagai kompres. Kandungan garam bermanfaat untuk mengeringkan nanah dan membunuh bakteri.

5. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri sehingga cocok digunakan sebagai obat bisul alami. Cukup hancurkan bawang putih, lalu gunakan kain kasa bersih atau semacamnya, untuk kemudian ditempatkan pada bisul selama sekitar 10-30 menit.

Lakukan hal ini selama dua atau tiga kali dalam sehari.



Simak Video "Makan Gorengan Berlebihan Bisa Bikin Kulit Cepat Tua Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/ryh)