Kamis, 10 Jun 2021 17:01 WIB

Waspada Nobar Piala Eropa 2020 Berujung Klaster COVID, Catat Titik Lengahnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sebagian pemudik yang melintasi jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, merasa terhibur saat warga yang tinggal di jalur Nagreg menggelar nonton bareng piala dunia. Wanti-wanti terjadinya penularan virus Corona akibat nobar Piala Eropa 2020. (Foto ilustrasi: Wisma Putra)
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan RI, dr Dante Saksono, memperingatkan masyarakat tentang potensi penularan virus Corona saat nobar (nonton bareng) Piala Eropa 2020, yang akan dilaksanakan 11 Juni besok. Disebutkan, kekhawatiran ini muncul karena masih banyak masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan, terutama pada kelompok usia muda.

dr Dante mengatakan bisa saja orang yang mengikuti nobar tersebut tidak sadar bahwa dirinya telah terkena COVID-19. Namun, karena daya tahan tubuhnya masih kuat, ia tidak mengalami gejala Corona apa pun.

Hingga akhirnya, mereka tidak sadar menularkan virus tersebut ke orang lain. Kemudian COVID-19 kembali menyebar ke anggota keluarga di rumah.

"Biasanya yang tanpa gejala ini adalah orang-orang berusia muda. Kemudian menjadi gejala ketika mereka menularkan kepada kelompok anggota keluarganya yang sudah tua atau memiliki komorbid tertentu," kata dr Dante dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (10/6/2021).

Oleh karena itu, dr Dante mengimbau agar masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan di mana dan kapan pun berada. Jangan sampai kegiatan nobar Piala Eropa 2020 menjadi ajang penularan virus Corona.

"Jadi saya imbau kepada masyarakat adanya Piala Eropa, adanya Lebaran, adanya hiburan, itu tetap kita harus menjaga protokol kesehatan. Walaupun kita tidak mempunyai gejala, tetapi kita mempunyai potensi untuk menularkan kepada orang-orang di sekitar yang kita cintai, yang mungkin akan menjadi lebih berbahaya daripada yang kita alami pada saat kita tidak bergejala," imbaunya.



Simak Video "Vaksinasi Tahap 3 Diharapkan Capai Target 1 Juta Suntik per Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)