Kamis, 10 Jun 2021 17:30 WIB

Penting! 10 Ciri-ciri COVID-19 yang Tak Boleh Diabaikan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Ilustrasi COVID-19. (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Ciri-ciri COVID-19 yang muncul saat seseorang terpapar virus Corona bisa bervariasi. Mulai dari gejala yang umum seperti demam, batuk, hingga anosmia.

Namun, gejala tersebut bisa terus berkembang sehingga muncul gejala neurologis sampai gejala gastrointestinal. Banyak orang yang mungkin sudah terpapar COVID-19, tetapi tidak menyadari gejala yang tengah mereka rasakan.

Jalan satu-satunya adalah dengan melakukan tes COVID-19 berupa swab antigen atau PCR. Untuk lebih waspada lagi, berikut ciri-ciri COVID-19 yang telah dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Demam

Berdasarkan studi yang ada, sekitar 55,4 persen pasien Corona mengalami ciri-ciri COVID-19 yaitu demam. Suhu tubuhnya bisa mencapai di atas angka 37 derajat celcius, dan merasa panas jika disentuh punggung dan dadanya.

2. Batuk

Ciri-ciri COVID-19 selanjutnya adalah batuk, lebih spesifiknya adalah batuk kering. Berdasarkan penelitian JAMA, sejumlah pasien COVID-19 mengalami gejala batuk kering yang berkepanjangan.

Dari data Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) menunjukkan bahwa ada sebanyak 43 persen pasien bisa mengalami batuk selama 14-21 hari pasca terinfeksi.

3. Anosmia

Salah satu ciri-ciri COVID-19 yang sering muncul pada pasien adalah anosmia atau kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa. Menurut pakar penyakit menular Dr Amesh A Adalja, MD, gejala ini memang sangat berkaitan dengan infeksi virus Corona.

Berdasarkan data awal dari American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery (AAO-HNS), sebagian besar orang yang terinfeksi virus Corona membutuhkan waktu selama 10 hari sampai gejala anosmia ini membaik.

Tetapi, tidak sedikit ahli juga yang meyakini bahwa gejala anosmia ini bisa berlangsung lebih lama hingga berbulan-bulan. Bahkan pasca pasien itu sembuh dari COVID-19.

4. Sesak napas

Seseorang yang terinfeksi COVID-19 juga bisa mengalami gejala sesak napas. Meski jarang terjadi, tetapi gejala ini bisa bertahan lama.

Gejala sesak napas ini mungkin disebabkan karena adanya peradangan yang berlangsung cukup lama di paru-paru.

"Kalau sudah begini, mungkin penyakit yang kamu alami sebelumnya adalah COVID," kata dokter spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University School of Medicine Dr William Schaffner, MD.

5. Nyeri dada

Selain sesak, nyeri dada juga bisa menjadi ciri-ciri COVID-19. Ini dialami oleh seorang pasien COVID-19, Kerrie Noth, yang dirawat karena penyakit tersebut selama 36 hari.

Selama terinfeksi COVID-19, ia sering merasa seperti terbakar dan muncul rasa kesemutan di sekitar dada dan leher. Selain itu, jantungnya juga sering berdebar sampai muncul rasa tidak nyaman yang lumayan ekstrim pada bagian dada dan tulang rusuk.

Ciri-ciri COVID-19 apalagi yang bisa dialami oleh seseorang pasca terinfeksi Corona? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Relawan Pemakaman Malaysia Ketar-ketir Lihat Lonjakan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]