Senin, 14 Jun 2021 08:21 WIB

Seperti Eriksen, 5 Pemain Bola Ini Kolaps Mendadak karena Masalah Jantung

Firdaus Anwar - detikHealth
Medics assist Denmarks Christian Eriksen after he collapsed on the pitch during the Euro 2020 soccer championship group B match between Denmark and Finland at Parken Stadium in Copenhagen, Saturday, June 12, 2021. (AP Photo/Martin Meissner, Pool) Foto: AP/Martin Meissner
Topik Hangat Ancaman Cardiac Arrest
Jakarta -

Gelandang Denmark, Christian Eriksen, mendadak kolaps di tengah pertandingan Euro 2020 melawan Finlandia pada Minggu (13/5/2021). Ia dilaporkan mengalami henti jantung yang penyebabnya masih misterius.

"Ia sempat 'pergi', kami melakukan resusitasi jantung, ini henti jantung. Kami membangkitkannya lagi setelah satu defibrilasi," kata dokter timnas Denmark, Morrten Boesen, seperti dikutip dari Reuters.

Kejadian pemain bola yang tiba-tiba kolaps di tengah lapangan karena masalah jatung pernah beberapa kali dilaporkan. Sebagian ada yang berhasil selamat, tapi ada juga yang sampai meninggal.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut beberapa contoh pemain bola yang mengalami hal serupa seperti Christian Eriksen:

1. Ricky Yacobi

Salah satu legenda sepakbola Indonesia, Ricky Yacobi, meninggal dunia setelah diduga mengalami serangan jantung pada Sabtu (21/11/2020). Kala itu Ricky sedang bertanding untuk ajang silaturahmi di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat.

Pria 57 tahun asal Medan ini sempat mencetak gol dan melakukan selebrasi sebelum terjatuh hingga tak sadarkan diri. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat, namun tak tertolong.

2. Ikker Cassilas

Mantan kiper Real Madrid dan Timnas Spanyol, Iker Casillas, dilaporkan pernah mengalami serangan jantung saat sedang latihan bersama klubnya pada Mei 2019 lalu. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi.

"Semuanya terkendali di sini, sangat mengerikan tetapi semua baik-baik saja. Terima kasih untuk semua orang yang sudah mengirim pesan dan kasih sayang," kata Casillas usai siuman.

3. Marc-Vivien Foe

Pemain timnas Kamerun, Marc-Vivien Foe, kolaps mendadak saat bertanding melawan Kolombia di babak semifinal Piala Konfederasi 2003. Ia mengalami kondisi yang disebut hypertrophic cardiomyopathy atau penebalan otot jantung.

Foe akhirnya wafat setelah dilakukan penanganan selama 45 menit oleh tim medis.

4. Piermario Morosini

Pemain klub Livorno dari Italia, Piermario Morosini, mengalami serangan jantung saat bertanding melawan Pescara dalam laga lanjutan Serie B tahun 2012 silam.

Morosini tiba-tiba terjatuh saat mendekati kotak penalti timnya. Dia meninggal sesampainya di rumah sakit Civilo Spirite Santo.

5. Fabrice Muamba

Terkait insiden yang dialami Eriksen, mantan pemain Bolton Wanderers Fabrice Muamba sempat menunjukkan simpati melalui media sosial. "Please God," cuitnya di Twitter.

Fabrice diketahui pernah mengalami hal serupa pada tahun 2012 lalu saat bertanding melawan Tottenham Hotspur. Ia kolaps di tengah laga karena mengalami henti jantung atau cardiac arrest. Beruntung tim dokter berhasil melakukan resusitasi hingga jantungnya berfungsi lagi.



Simak Video "Olahraga Sebabkan Kematian?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Ancaman Cardiac Arrest