Senin, 14 Jun 2021 12:15 WIB

Kabar Baik! Vaksin Novavax Efektif Lawan Corona Varian Beta

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
COVID-2021 South African Variant Varian Corona Beta atau varian Afrika Selatan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Innocent Maboshe)
Jakarta -

Sebuah uji klinis vaksin COVID-19 yang dilakukan Novavax Inc (NVAX.O) menunjukkan bahwa vaksinnya, NVX-CoV2372, memberikan respons kekebalan dan perlindungan terhadap varian virus Corona Beta (B1351).

Hal itu terlihat dalam uji coba yang melibatkan 30 orang relawan yang telah menerima dua dosis vaksin NVX-CoV2372. Hasilnya, vaksin tersebut menghasilkan respons antibodi yang kuat terhadap versi asli virus Corona, varian Alpha (B117) dan varian Beta.

"Namun, respons terhadap varian Beta memang sedikit kurang," kata pihak Novavax yang dikutip dari Reuters, Senin (14/6/2021).

Tak Boleh Lagi Pakai Nama Negara! Ini Daftar Nama Baru Varian CoronaTak Boleh Lagi Pakai Nama Negara! Ini Daftar Nama Baru Varian Corona Foto: infografis detikHealth

Perlu diketahui, saat ini vaksin Novavax atau NVX-CoV2372 tengah diuji dalam beberapa uji coba. Namun, vaksin tersebut belum diizinkan untuk digunakan di negara manapun.

Pada kesempatan yang sama, pihak Novavax juga mengatakan tengah melakukan pengujian untuk vaksin berbeda yang secara khusus menargetkan varian Beta, yang dilakukan pada tikus dan babun.

Hasilnya, vaksin yang dikhususkan varian Beta ini menunjukkan respons imun dan perlindungan kekebalan pada tikus dan babun. Untuk itu, pihak Novavax berharap bisa melakukan uji klinis atau uji coba pada manusia untuk vaksin khusus varian Beta tahun ini.



Simak Video "WNA Terinfeksi Varian Raja Corona B1351 Meninggal di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)