Senin, 14 Jun 2021 19:00 WIB

Busui Dilarang Minum Es, Mitos atau Fakta? Begini Penjelasan Dokter

Ardela Nabila - detikHealth
Attractive woman looking away while drinking fresh glass of water. Horizontal Shot. Bumil boleh minum air es? Temukan jawabannya di sini. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Minum es di tengah melakukan aktivitas atau saat cuaca sedang panas-panasnya memang terasa sangat menyegarkan. Oleh karenanya, tidak heran apabila banyak yang memilih minum es untuk melepaskan dahaga, termasuk para ibu menyusui.

Akan tetapi, sebenarnya boleh tidak sih ibu menyusui minum es? Seperti diketahui, terdapat banyak hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan, persalinan, hingga menyusui.

Di satu sisi, beberapa di antaranya hanyalah mitos belaka yang tidak didukung oleh bukti ilmiah yang valid. Sedangkan di sisi lain, ada juga yang bersifat faktual dengan penjelasan ilmiah yang memadai.

Salah satu dari sekian banyaknya ketentuan untuk ibu menyusui adalah ibu menyusui disarankan untuk minum minuman hangat dan menghindari minuman dingin atau es. Kendati demikian, sebenarnya tidak banyak penelitian yang mengenai hal ini.

Sehingga, tidak ada bukti substansial yang menyatakan bahwa minuman dingin atau es tidak boleh untuk dikonsumsi oleh wanita saat melahirkan dan menyusui. Tetapi ternyata, alasan mengapa banyak yang percaya bahwa wanita menyusui disarankan untuk minum air hangat atau suhu ruang adalah karena minuman ini dianggap bisa memperlancar pencernaan.

Baca juga:

Sementara itu, minuman dingin atau es dikhawatirkan bisa menyebabkan infeksi, seperti pilek dan batuk, khususnya pada ibu menyusui yang memiliki sensitivitas terhadap kondisi dingin.

Menurut dr Disha Patel, seorang Ayurvedic Physician Expert, ibu menyusui sebaiknya memang meminum air dengan suhu ruang dan bukan air dingin.

"Ibu menyusui bisa minum cairan dengan temperatur suhu ruang, bukan air dingin. Dengan memiliki banyak air, termasuk air matang dan bersih sangat membantu kesehatan busui," kata dr Patel, dikutip dari HaiBunda.

Lantas, apakah artinya meminum air dingin atau es berbahaya bagi ibu menyusui dan bayinya? Apa hal yang perlu dikhawatirkan?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)