Rabu, 16 Jun 2021 05:15 WIB

Bye Corona! Negara Ini Juga Sudah Herd Immunity, Cabut Status Darurat COVID

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Come in were OPEN sign on Entrance Window Bye Corona! (Foto: Getty Images/iStockphoto/AlenaPaulus)
Jakarta -

Satu lagi negara di dunia yang mengakhiri krisis virus Corona, kali ini Slovenia segera mencabut status emergency. Kegiatan olahraga dan budaya akan berjalan lagi dengan pembatasan kapasitas 75 persen.

Dikutip dari Reuters, status darurat COVID-19 di Slovenia diakhiri Selasa (15/6/2021), setelah 8 bulan diberlakukan dengan ketat. Pada hari tersebut, Slovenia hanya mencatatkan 112 kasus baru COVID-19 dan dua kasus kematian.

Sekitar 45 persen penduduk dewasa di Slovenia sudah menerima dosis pertama vaksin Corona, dan sekitar 32 persen di antaranya sudah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Namun agar tidak kecolongan, beberapa pembatasan sebenarnya masih tetap diterapkan. Di antaranya tetap harus menggunakan masker dan jaga jarak ketika berada dalam kerumunan di dalam ruangan.

Sebelumnya, beberapa negara lain juga sudah mengakhiri 'perang' melawan Corona dengan klaim kemenangan. Malta misalnya, baru-baru ini menyatakan sudah nol kasus dalam sehari setelah sempat melonjak sekitar Maret 2021.

Sebanyak 75 persen orang dewasa di negara ini sudah mendapatkan vaksinasi lengkap, dan setengah populasi sudah mendapat dosis pertama. Herd immunity diklaim sudah terbentuk, meski tetap disertai imbauan untuk berhati-hati.



Simak Video "Epidemiolog: Jakarta akan Sulit Mencapai Kekebalan Komunal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)