Rabu, 16 Jun 2021 06:57 WIB

Round Up

Tak Ingin Semua Seperti Kudus? Pakar Sarankan 'Lockdown' Segera!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Gang Bahagia di Kelurahan Gerendeng, Karawaci, Tangerang, dilockdown imbas puluhan warga positif COVID-19. Garis Satpol PP dipasang di akses keluar masuk gang. Ilustrasi lockdown (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta -

Lonjakan kasus COVID-19 terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Pakar mengingatkan, banyak wilayah akan bernasib seperti Kudus jika tidak ada kebijakan untuk lockdown.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono. Menurutnya, peningkatan kasus belakangan ini seharusnya disikapi dengan kebijakan yang tegas.

"Kalau pemerintah tidak mengambil jalan untuk melakukan lockdown ya tinggal tunggu saja semua kabupaten mungkin sebagian besar dari 514 kabupaten, mungkin ratusan kabupaten akan seperti Kudus," beber Miko saat dihubungi detikcom.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, 'lockdown' berskala mikro bisa dilakukan di suatu wilayah jika terjadi lonjakan kasus COVID-19. Namun ia menyiratkan, PSBB (pembatasan sosial berskala besar) ketat belum akan menjadi opsi untuk saat ini.

"PPKM mikro adalah kebijakan yang dibuat untuk dapat mengendalikan kasus COVID-19 di hulu atau akar masalah yaitu komunitas secara lebih tepat sasaran," kata Prof Wiku.

"Oleh karena itu fokus saat ini adalah mengoptimasi posko-posko yang telah terbentuk di masing-masing wilayah desa atau kelurahan yaitu menegakkan kembali pengendalian COVID-19 sesuai dengan zonasi RT, RW, setempat," lanjutnya.



Sementara itu, jumlah wilayah dengan status zona merah virus Corona saat ini mengalami peningkatan. Dari sebelumnya hanya 17 wilayaj, kini melonjak jadi 29 wilayah.

Daftar terkini zona merah Corona adalah sebagai berikut:

Aceh

- Aceh Tengah
- Kota Banda Aceh
- Pidie

Jawa Barat

- Bandung
- Bandung Barat

Jawa Timur

- Bangkalan

Daerah Istimewa Yogyakarta

- Bantul
- Sleman

Kepulauan Riau

- Bintan

Bengkulu

- Kota Bengkulu

Sumatera Barat

- Kota Bukittinggi

Jambi

- Kota Jambi

Lampung

- Kota Metro

Sumatera Selatan

- Kota Palembang

Riau

- Kota Pekanbaru
- Rokan Halu

Jawa Tengah

- Kudus
- Semarang
- Sragen
- Tegal
- Wonogiri
- Grobogan
- Jepara

Sumatera Selatan

- Muara Enim

Jambi

- Muaro Jambi
- Tanjung Jabun Barat

Sumatera Barat

- Padang Pariaman
- Pasaman Barat



Simak Video "Sydney Cabut Lockdown: Bersiap Hidup Bareng Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)