Rabu, 16 Jun 2021 20:06 WIB

BCL Positif Corona, Ini Sederet Gejala yang Dialaminya Saat Isolasi

Destria - detikHealth
Bunga Citra Lestari saat ditemui di kawasan Kuningan. Bunga Citra Lestari (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Penyanyi Bunga Citra Lestari atau BCL positif Corona dan tengah menjalani isolasi mandiri. Ia menceritakan sejumlah gejala COVID-19 yang muncul di hari ketiga karantina.

Sambil mengunggah foto dirinya tengah berjemur, ia mengaku sempat mengalami gejala COVID-19 sesak napas.

"So far, ada symptoms batuk, tenggorokan sakit, napas terasa agak pendek dan sometimes demam," kata BCL, dikutip dari laman Instagram pribadinya, Rabu (16/6/2021).

[Gambas:Instagram]




Dikutip dari Medical News Today, virus Corona ini tak boleh dianggap remeh karena penyebarannya yang cepat dan mudah menyerang kesehatan tubuh manusia. Setelah terpapar virus Corona, biasanya gejala umum yang muncul adalah sebagai berikut:

  • Batuk kering
  • Demam
  • Kehilangan indera perasa dan penciuman
  • Sesak napas
  • Sakit tenggorokan, sakit kepala, diare, nyeri otot atau tubuh, hidung tersumbat atau pilek dan panas dingin.

Gejala Corona tersebut akan muncul selama 2-24 hari, setelah itu beberapa orang akan pulih atau bisa memakan waktu lebih lama lagi untuk sembuh dari Corona. Apabila telah merasakan gejala tersebut, maka wajib untuk menghubungi dokter dan melakukan isolasi mandiri agar tidak menularkan virus Corona ke orang lain.

Gejala secara bertahap bisa menjadi lebih parah, dan biasanya membutuhkan bantuan medis hingga harus segera ditangani. Terdapat beberapa gejala Corona parah saat terinfeksi yaitu:

  • Sulit bernapas
  • Rasa sakit atau tekanan yang terus-menerus di dada
  • Terdapat semburat biru pada wajah atau bibir, kesulitan bangun dan tetap terjaga, kebingungan yang memburuk dan kesadaran yang kurang.

Adapun kekhawatiran akibat gejala jangka panjang atau Long COVID yang dapat bertahan setelah seseorang terpapar virus corona, adalah kelelahan, sesak napas, gejala neurologis dan batuk.



Simak Video "Meski Kasus Melandai, Satgas Covid-19 Ingatkan Pandemi Belum Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)