Senin, 21 Jun 2021 10:33 WIB

Curhat BCL Saat Isoman: COVID Bikin Mentalku Down

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
BCL Positif COVID-19 Foto: Instagram: @bclsinclair
Jakarta -

Penyanyi Bunga Citra Lestari atau akrab disapa BCL, tengah menjalani isolasi mandiri setelah dinyatakan positif virus Corona. Selama enam hari menjalani isoman, BCL mengaku Corona mulai mengancam kesehatan mentalnya.

"Ternyata nggak hanya menimbulkan gejala-gejala yang bersifat fisik, COVID juga membuat mentalku down," tulis BCL di akun Instagram pribadi miliknya seperti yang dilihat detikcom, Senin (21/6/2021).

Selama menjalani isoman, BCL mengatakan hal terberat yang harus ia rasakan adalah berpisah sementara dengan putranya, Noah Sinclair. Hal ini pun yang ia sebut memicu kondisinya menurun.

[Gambas:Instagram]

"Seringkali rasa khawatir datang, terlebih di saat badan lagi drop, nafas agak sesak, kehilangan rasa," tambahnya.

Virus Corona diketahui tak hanya menyerang fisik, tetapi juga mempengaruhi kesehatan mental pengidapnya. Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis The Lancet, 18 persen pasien Corona mengalami masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, hingga demensia.

Para ahli menduga, COVID-19 berkaitan dengan masalah kesehatan mental yang lebih tinggi. Pasien COVID-19 umumnya mengalami kecemasan, insomnia, depresi, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Meski demikian temuan ini masih diteliti lebih lanjut, terutama tentang dampak infeksi virus Corona pada fungsi otak.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)