Senin, 21 Jun 2021 11:50 WIB

Komedian Bintang Emon Positif Corona, Ini Gejala yang Dialaminya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Bintang Emon Komika Bintang Emon positif COVID-19. (Foto: Instagram @bintangemon)
Jakarta -

Komika Bintang Emon mengungkapkan dirinya terinfeksi virus Corona. Dalam video di akun Instagramnya, ia menjelaskan berbagai gejala yang ia rasakan.

Soal COVID-19 yang diidapnnya, Bintang Emon mengibaratkan sedang mendapatkan endorsement dari penyakit tersebut. Layaknya endorsement produk, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus ia jalani selama terkena COVID-19.

"Syaratnya sih simpel, napas terengal-engal, terus mual-mual, terus batuk-batuk, sama sakit kepala banget," kata Bintang Emon.

Gejala sakit kepala seringkali dialami oleh pasien COVID-19. Tetapi, sakit kepala ini juga bisa muncul saat seseorang sedang kurang tidur, stres, atau terlalu banyak tidur.

Lalu, bagaimana membedakannya?

1. Sakit kepala berlangsung lama

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Istanbul University, Turki, menemukan sebanyak 262 pasien COVID-19 mengeluhkan sakit kepala. Lebih dari 10 persen di antaranya mengalami sakit kepala hingga lebih dari 72 jam.

Untuk itu, ahli kesehatan mengatakan jika mengalami gejala seperti nyeri otot (myalgia) dan sakit kepala yang berlangsung lebih dari 48-72 jam untuk segera periksa ke dokter.

Selain itu, pasien COVID-19 juga bisa mengalami sakit kepala tegang (tension headache), yang disebabkan oleh batuk, demam, atau kedinginan yang ekstrem.

2. Sakit kepala yang berdenyut-denyut

Jika sakit kepala yang dialami terasa berdenyut-denyut, disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter. Para ahli mengatakan orang yang menderita sakit kepala akibat COVID-19 kemungkinan akan mengalami rasa nyeri sakit kepala yang parah, yang bisa mengganggu konsentrasi bahkan membuat pusing.

Rasa sakit kepala yang ekstrem juga bisa menjadi tanda awal virus Corona sudah menginfeksi organ vital, termasuk sistem saraf.

3. Sakit kepala disertai gejala lainnya

Sakit kepala biasa umumnya jarang berkaitan dengan masalah pencernaan. Namun, pada COVID-19 ini bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

Jika mengalami sakit kepala yang dirasakan disertai juga dengan gejala COVID-19 lainnya, seperti kram, mual, kelelahan, dan hilangnya nafsu makan, harus waspada dan segera konsultasikan ke dokter.



Simak Video "Riset Eijkman Ungkap 3 Gejala Umum COVID-19 yang Ditemukan Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)