Kamis, 24 Jun 2021 13:00 WIB

Indonesia Bakal Terima 50 Juta Dosis Vaksin Pfizer, Bisa untuk Usia Anak?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pembuat vaksin asal China, Sinovac Biotech, berencana memulai uji coba klinis vaksin virus Corona eksperimental terhadap anak-anak dan remaja pada akhir bulan ini. Foto: Getty Images
Jakarta -

Kementerian Kesehatan mengungkap Indonesia bakal menerima 50 juta dosis vaksin Pfizer yang akan datang secara bertahap pada Agustus mendatang.

Vaksin buatan Amerika Serikat ini dalam uji klinisnya bisa digunakan untuk usia anak 12-16 tahun dan sudah mulai disuntikkan pada kelompok tersebut di negara asalnya. Lalu, bagaimana dengan penggunaan vaksin Pfizer di Indonesia? Bisa untuk anak?

"Belum ya (untuk usia anak-red), sementara ini dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan 181,5 juta usia di atas 18 tahun ya," kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi detikcom melalui pesan singkat, Kamis (24/6/2021).

Selain itu, Nadia juga mengatakan harus menunggu rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) terkait vaksinasi COVID-19 pada kelompok usia anak.

Vaksin Pfizer dinyatakan terbukti efektif melawan Corona di rentang usia anak 12-15 tahun. Tercatat 18 kasus positif COVID-19 pada kelompok plasebo, dan tak ada satupun kasus COVID-19 di penerima vaksin Pfizer.

Sementara, efek samping pada uji klinis vaksin Pfizer yang melibatkan 2.260 anak usia 12-15 tahun belum diumumkan. Vaksin juga disebut ditoleransi dengan baik dengan efek samping dalam batas aman di usia 16-25 tahun.

Pfizer juga mengatakan bakal mengajukan emergency use authorization (EUA) untuk penggunaan vaksin Corona pada anak usia 2-11 tahun pada September 2021. Data keamanan dan efikasi sedang dalam proses.



Simak Video "Pfizer Umumkan Vaksinnya Aman dan Efektif pada Anak Usia 12 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)